GuidePedia

Kota Kediri,Global Post - Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari di Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Kediri dari tanggal 18 sampai 20 Juli 2017 bertempat di ruang pertemuan dinas setempat sebagai pemicu pada kelompok Usaha Peningkatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Sedangkan UPPKS sendiri merupakan wadah pemberdayaan ekonomi masyarakat yang sebagian anggotannya adalah peserta KB dari keluarga Pra-Sejahtera dan keluarga Sejahtera yang aktif berusaha secara kelompok.

“Melalui Pelatihan Ketrampilan Kerajinan Kain perca yang dilaksanakan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, selain itu diharapkan dapat pula meningkatkan kesertaan ber-KB sehingga dapat berwirausaha dan ber-KB secara mandiri. Dan yang lebih penting bisa menularkan pada anggota yang lain” kata Deniek Marwanti selaku pembina Pelatihan dari DP3AP2KB Kota Kediri.

Dari keanggotaan UPPKS yang merupakan anggota Koperasi AKU SEJAHTERA dibawah naungan DP3AP2KB Kota Kediri dari 3 Kecamatan dan 46 Kelurahan tidak keseluruhannya mengikuti pelatihan, diambil dari mereka yang memiliki jiwa leadership agar nantinya setelah mengikuti pelatihan bisa menularkan ataupun mengembangkan ke anggota yang lainnya sehingga pelaksanaan pelatihan bisa lebih efektif ke sasaran yang diharapkan.

Koperasi Aku Sejahtera sendiri beranggotakan dari kelompok UPPKS yang tiap kelurahan ada yang 5 sampai 10 orang, jadi mereka itu tidak dibiayai oleh Dinas melainkan mereka bernaung pada koperasi yang dimilikinya.

Dari pelatihan selama 3 hari yang kehadirannya tiap hari berkisar 28 sampai 30 orang untuk melaksanakan pelatihan diharapkan bisa menjadi pioner handal berwirausaha serta dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga sehingga nantinya tujuan Keluarga Berencana mandiri bisa terpenuhi. Dengan memanfaatkan kain perca sebagai bahan yang mudah didapat diolah untuk bahan bahan kerajinan seperti tas, sarung bantal, tempat koran dll yang kesemuanya mempunyai nilai jual dan menjadi income pada UPPKS itu sendiri.

Di tempat terpisah Kepala DP3AP2KB Kota Kediri Medy mengatakan pada media Global Post bahwa pelaksanaan pelatihan kerajinan kain perca diharapkan bisa membantu peningkatan keahlian menjahit, dengan memanfaatkan kain perca untuk hasil kerajinan diharapkan bisa menopang nilai tambah. (adv/mbang)
 
Top