GuidePedia


Lebak, Global Post - Seiring dengan semangat kebangkitan nasional 1908, berdirilah organisasi Kepanduan pertama tahun 1916, Javanese Padvinders Organisatie (JPO) yang bercirikan semangat heroism dan nasionalisme Indonesia. Selanjutnya pada tahun 1928 (pasca pelarangan penggunaan istilah Padvinders), KH Agus Salim telah mencetuskan istilah PANDU atau KEPANDUAN semangat sumpah pemuda 1928 kemudian telah memicu tumbuh dan berkembangnya Organisasi Pandu yang berjumlah lebih dari 100 Kepanduan.

Pada akhirnya, setelah dua bulan 3 minggu pasca penetapan keputusan Presiden No. 238 Tahun 1961, tepatnya tanggal 14 Agustus 1961, Ir. H. Soekarno (Presiden RI selaku Ka, Mabines), meresmikan gerakan pramuka yang ditandai dengan penyerahan Panji PramukaIndonesia kepada Ka. Kwarnas (Sri Sultan Hamengkubuwono IX), maka disebutlah sebagai hari lahir Gerakan Pramuka Indonesia.

Sementara itu, sosialisasi dan pelantikan Satuan Karya Bakti Husada (SBH) Kwartir Cabang Kabupaten Lebak tahun 2016 baru dilaksanakan digedung Sugri Rangkasbitung, Rabu (31/8). Acara Yang dihadiri oleh puluhan pengurus Kwarcab serta Kwaran se kabupaten Lebak tersebut dihadiri oleh pengurus Kwartir Prov. Banten.

Pembacaan sekaligus penetapan pengurus Kwartir Cabang Kab. Lebak oleh Wakil Bupati Lebak H. Ade Sumardi, Msc didepan puluhan pengurus harian kwartir Cab. Lebak yang diakhiri dengan penandatanganan Surat Keputusan Penetapan Pengurus KWARTIR Cabang Lebak. 

Dalam sambutannya HM. Sukirman, Msc selaku ketua terpilih mengatakan, jabatan yang saya emban selaku ketua Kwartir tidak akan besar tanpa dukungan dari berbagai pihak terutama pengurus itu sendiri, yang tentunya tujuan organisasi tersebut harus mengacu pada Undang undang No. 12 Tahun 2010 tentang Grakan Pramuka serta AD/ART Kwartir Cabang Lebak,katanya.

Saat diwawancara Dr. Sri Agustina, selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut mengatakan, “kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk awal perjuangan melaksanakan agenda kegiatan sesuai dengan AD/ART Kwaran Cabang Lebak,ujarnya. 

Masih menurut dia, dengan terbentuknya Kwartir Cabang Lebak mudah mudahan dapat memberikan sumbangsih positif di Kabupaten Lebak, khususnya bidang kesehatan,pungkasnya. (Dodo)  
 
Top