GuidePedia

Lamsel, Global Post - Dua Kelompok Budidaya Ikan air Payau Kabupaten Lampung Selatan mendapat bantuan pengelolaan irigasi saluran tambak partisifatif (PITAP), yakni kelompok poklina yang terdapat di 2 kecamatan yakni kecamatan Sragi dan Ketapang.

Kepala Bidang Budidaya Dinas Kelautan dan Prikanan (DKP) Lampung Selatan Iwan AR menuturkan, Pengelolaan PITAP dilakukan oleh Poklina Waway Karya Kecamatan Ketapang, yang diketuai Suparlan dan Windu Agung Kecamatan Sragi di ketuai Chandra.

"Saluran tambak yang mereka miliki sepanjang 2.310 meter memang sudah perlu perbaikan, dengan turunnya PITAP bantuan ini diperuntukan memperbaiki saluran tambak tersebut, yang mana dalam pelaksanaannya kelompok yang tergabung dalam poklina bersama masyarakat setempat melakukan perbaikan saluran tambak yang telah ditentukan titik dan panjangnya secara bersama-sama," ungkap Iwan.

Diharapakan masing masing anggota kelompok dengan tujuan yang sama karena fungsi saluran tambak tersebut diperuntukan kepentingan khalayak ramai, khususnya bagi petambak udang disekitar lokasi tersebut.

“Kami juga memberikan apresiasi yang mana konsep PITAP sendiri mulai dari penyusunannya, pelaksananya dan pemanfaatannya dilakukan atas dasar dari masyarakat dan untuk kepentingan mereka pulalah," imbuhnya.

‘”Kami  dinas perikanan dan kelautan Lamsel berharap agar program PITAP ini benar dapat bermanfaat bagi pembudidaya tambak udang di 2 kecamatan tersebut. Agar selanjutnya  pemerintah pusat khususnya kementerian kelautan dan perikanan RI dapat memberikan tambahan ukuran panjang perbaikan saluran tambak pada tahun mendatang agar semua saluran tambak yang ada di 2 kecamatan ini dapat semuanya diperbaiki," pungkasnya. (Mir)
 
Top