GuidePedia

Karimun, Global Post - Persatuan Karo Marga Silima Kabupaten Karimun (PKMSKK) menggelar acara pengukuhan pengurus untuk periode 2015-2020  sabtu (16/7) bertempat di Gedung Nasional Tanjung Balai Karimun. Sebagai ketua umum terpilih Vandarones Purba ST/ MH dengan sepenuhnya dipercayakan Batak Karo Marga Silima Kabupaten Karimun untuk memimpin lima tahun kedepan, setelah itu acara dilanjutkan oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim yang resmi mengukuhkan kepengurusan persatuan Batak Karo Marga Silima Kabupaten Karimun.
 
Kemudian wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim dalam sambutannya berharap agar karo Marga Silima yang sudah lama ikut sereta membangun Kareimun. Dikatakan dia,  Dimana Bumi dipijak, disitu langit dijunjung, pepatah itu tentunya dapat menjadi motivasi keberadaan suku Batak karo yang ada di Karimun, masyarakat Karo di Karimun telah ada sejak lama, bahkan ketika ada yang saya kenal sebagai sosok pekerja keras dan membaur dengan suku lain, saya berharap semua suku yang ada di Karimun dapat bersama-sama membangun Karimun dalam segala hal, baik ekonomi, budaya dan sosial di tengah-tengah masyarakat,” kata Anwar. 

Sementara itu, ketua umum terpilih Vandarones Purba dalam pidatonya mengatakan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Karimun yang selama ini mendukung keberadaan organisasi kemasyarakatan, termasuk organisasi kesukuan. Ditambahkannya persatuan Karo Marga Silima Kabupaten Karimun (PKMSKK) akan berkontribusi di masyarakat baik berbentuk sosial dan kebudayaan. 

Ketua panitia acara Jobta Ginting, SPd dalam laporannya menyebut, acara pengukuhan Batak Karo Marga Silima ini juga sekaligus perayaan ulang tahun PKMSKK ke- 34 Tahun dan Ulang Tahun CU Mersik yang ke-13 Tahun. Acara yang berlangsung meriah hingga sampai malam yang menampilkan tari adat Karo, Batak Toba, seperti tari adat di barengi dengan pengumpulan dana yang dihadiri paguyupan per wilayah atau yang disebut parsahutaon dari berbagai wilayah di Karimun yang berasal dari Batak Toba dan Batak lainnya, seperti diketahui, suku Batak terbagi lagi menjadi beberapa bagian, seperti Batak Toba, Karo, Simalungun, Pakpak, Angkola dan Mandailing seperti Marga silima sendiri terdiri dari lima marga, yakni karo-karo, ginting, tarigan, sembiring dan parangin-anginn, katanya. (Hs/Rn)
 
Top