GuidePedia

Bogor, Global Post - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Anies Baswedan mengatakan telah membentuk Tim Khusus di bawah naungan Inspektorat Jenderal (Irjen) untuk menindak lanjuti berbagai laporan yang disampaikan orang tua murid yang berkaitan dengan sekolah yang kerap kali melanggar aturan pemerintah.
Hal tersebut disampaikan Anis saat memantau kegiatan Hari Pertama Sekolah (HPS) di SD Polisi 1, Jalan Paledang Bogor, Senin (18/7).
Dalam kunjungan tersebut menteri juga di dampingi oleh walikota Bogor Bima Arya yang mengaku sangat merespon dan mendukung kegiatan dan program yang dilakukan oleh pak menteri tersebut.
Dalam kesempatan tersebut Alumnus Universitas Gajah Mada tersebut menegaskan, pada tahun ajaran baru 2016/2017 ini, sekolah tidak diperkenankan melakukan Masa Orentasi Siswa (MOS). Pengenalan kepada siswa diganti menjadi Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru.
Anies menegaskan, bagi sekolah yang ketahuan masih melakukan MOS, maka sekolah akan dikenakan sanksi, seperti kepala sekolah akan dimutasi atau diberhentikan dari jabatannya. "Kita terima pengaduan ya, jika ditemukan sekolah yang melakukan MOS melanggar Permen 18 Tahun 2016, maka kepala sekolah akan dikenakan sanksi. Kepala sekolah akan diberhentikan atau mutasi," kata Anies.
Dia mengatakan, untuk mewujudkan sekolah aman, orangtua dan masyarakat jangan mendiamkan, harus melaporkan jika ada sekolah melakukan pelanggaran ke layanan Sekolah Aman Kemdikbud melalui laman http://sekolahaman.kemdikbud.go.id atau telepon 021-57903020/0215703303 dan layanan SMS ke 0811976929 serta laporankekerasan@kemdikbud.go.id
Pada kesempatan sama, Anies juga mengucapkan terima kasih kepada orangtua, guru, walikota, pimpinan pusat lembaga, dan seluruh warga Indonesia yang sudah menyebarkan informasi dan mengimbau orangtua untuk mengantar anak ke sekolah.
Sedangkan, pihak sekolah mengaku dijadikannya SDN Polisi 01 sebagai Pemantauan di hari pertama ini merupakan penghargaan dan penghormatan serta dorongan kepada seluruh jajaran guru, murid dan para orang tua untuk lebih giat lagi dalam memajukan segala aspek di dunia pendidikan, khususnya di SDN polisi 01 ini, ujar kepala sekolah Drs. H. Hidayat, M.MPd, M.Si. Pada hari pertama masuk sekolah di SDN Polisi 1 Bogor para siswa terlihat berbaris sangat berantusias usai liburan kenaikan kelas dan lebaran. (Dauri)
 
Top