GuidePedia

Garut, Global Post - Badan Pemusyawarahan Desa dan pengurus Bumdes Se-Kabupaten Pali Propinsi Sumatra Selatan lakukan study banding dalam rangka “aparatur Pemerintah Desa dan Bumdes menuju Desa mandiri” bertempat di Desa Cangkuang Kecamatan Leles kabupaten Garut.

Rombongan sebanyak 200 orang dari Kabupaten Pali Propinsi Sumatra Selatan dipimpin oleh Camat Kecamatan Pangkal Aban Hasmoni, diterima langsung oleh Camat Kecamatan Leles Drs. Asep Suhendar, M.Si disaksikan kades Cangkuang Asep Nandang dan Kapolsek Leles AKP Asep Muslihat S, SH dan aparat pemerintah lainnya di aula Desa Cangkuang, Baru-baru ini.

Kades Cangkuang Asep Nandang menyatakan apresiasinya karena Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut tengah di percaya menjadi lokasi study banding. Asep Nandang mengaku sangat senang adanya kunjungan dari Propinsi Sumatra Selatan ke Desa Cangkuang, adanya kunjungan seperti ini akan menambah tali persaudaraan dan saling menambah pengatahuan.

Desa Cangkuang terdiri dari 16 RW, 48 RT dan memliki BUMdes dikelola semenjak kepemimpinannya, diantaranya ada yang bergerak di Kerajinan tangan, catring, Rakit, air miniral dan lainnya. Yang pernah berkunjung ke Desa Cangkuang dalam rangka study banding selain dari Propinsi Sumatra Selatan juga dari Kalimantan tengah, Sulawesi Selatan, Kabupaten Pangandaran dan dari kabutaen Cianjur, ungkapnya.

Camat Pangkal Aban Hasmoni mengatakan berterimakasih sudah menerima kami dengan sangat meriah yang di sambut dengan kesenian tari adat sunda, maksud dan tujuan ke Desa Cangkuang ini tidak lain untuk tali silaturahmi, selain itu untuk juga menambah pengatahuan di bidang aparatur pemerintahan Desa dan kemasyarakatan dan belajar membangun BuMdes. “Ilmu yang di dapat di Desa Cangkuang ini bisa dimanfaatkan di tempat kami karena Kabupaten Pali baru berumur 3 tahun artinya perlu menambah ilmu dan wawasan, tandasnya.

Kasubid Pemerintah Desa BPMPD Kabupaten Garut Asep Budi ditemui terpisah mengatakan adanya kunjungan dari Propinsi Sumatra Selatan ke Desa Cikandang Kecamatan Cikajang dan ke Desa Cangkuang Kecamatan Leles ini mudah mudah ilmu yang di dapat bermanfaat dan sekaligus bisa diterapkan dengan baik sehingga Kabupaten Pali Propinsi Sumatra Selatan bisa lebih maju lagi, ungkapnya. (Syaiful Noor)
 
Top