GuidePedia


OKU, Global Post - Perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) ke-106 yang dipusatkan di Gedung DPRD OKU, Rabu (10/8/2016), berlangsung meriah dihadiri Wakil Gubernur Sumsel Ir. H. Ishak Mekki, MM dan Wakil Ketua DPRD Sumsel H. Chairul S Matdiah, SH. MH.

Gedung DPRD dipenuhi para undangan mulai dari tenda di halaman kantor, di lobi dan di ruang sidang paripurna, tak kurang dari 1000 undangan ikut menyaksikan hari jadi OKU.

Di sekeliling gedung DPRD dan jalan menuju gedung dewan dipenuhi ucapan selamat dari seluruh SKPD, perusahaan, BUMD dan BUMN, perbankan, dan Acara ditandai dengan pemotongan tumpeng.

Perayaan HUT OKU dilakukan dalam Rapat Paripurna Istimewa V DPRD Kabupaten OKU masa persidangan ke-2 Tahun Sidang 2016 yang dipimpin oleh Ketua DPRD OKU Zaplin Ipani, SE dihadiri Wakil Bupati OKU Drs. Johan Anuar, SH. MM, Kapolres OKU AKBP Leo Andi Gunawan SIK MPP, Dandim 0403 OKU Letkol Inf Mohammad Sjahroni SE, Ketua Pengadilan Negeri Baturaja Mimi Haryani SH, Kajari Kabupatwn OKU Sugeng sumarno SH, Sekda OKU H Marwan Sobrie SE MSi, Sekwan Herizal Amri SH MSi, Ketua Tim Penggerak PKK OKU Hj Badiar Dew Kuryana dan Wakil Ketua TPPK Hj Henny Indrawati Johan ST, Ketua Dharmawanita Persatuan OKU Hj Nurdiah Marwan SIP MM, para sesepuh masyarakat OKU, alim ulama, tokoh pemuda, partai politik dan undangan lainnya.

Tampak hadir mantan Gubernur Sumsel yang juga mantan Bupati OKU H. Ir. Syahrial Oesman MM, Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai SE, Walikota Prabumulih H Ridho Yahya MM, Wabup Pali Ferian Andreas Lacony SKM MM, Wabup OKUT Sholehein Abuwasir SP MSi, Wabup OKUT Fery Amtoni SE SP MSi, Wabup Musirawas HJ Sywarti, Wabup Muaratara H Devi Devi Sukartoni, Ketu DPRD OKUS Yohana Yudayanto SE, Ketua DPRD Prabumulih Ahmad Palo SE serta para staf ahli dari beberapa kabupaten di-Sumsel.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ogan Komering Ulu (OKU), menggelar Rapat Paripurna Istimewa ke V Masa Persidangan ke-2 Tahun 2016, Rabu (10/8). 

Bupati OKU Drs
. H Kuryana Azis dalam sambutannya mengajak semua masyarakat OKU bersyukur karena menginjak 106 tahun usia Kabupaten OKU dalam keadaan kondusif.

Bupati OKU, mengucapkan terima kasih kehadiran para tamu undangan. Terkhusus Walikota Prabumilih.
Menurutnya, Beliau ini merupakan atasannya, saat menjabat Asisten I di Pemkot Prabumulih. Ia merasa segan dengan peringatan HUT OKU 106 tahun 2016 ini.

Banyak tamu undangan yang hadir. Mulai dari Wakil Gubernur Sumsel, Bupati, Wakil Bupati, Walikota dan Staf Ahli BupatiKabupaten/kota yang ada di OKU.“Saya ucapkan terima kasih atas kedatangannya,” katanya.
 
Itu semua tidak terlepas dari peran serta semua elemen masyarakat. “Kemeriahan HUT OKU 106 ini merupakan bukti nyata bukti nyata sinergisitas antara legislatif, eksekutif dan seluruh lapisan masyarakat,” kata Bupati seraya mengajak moment ini agar menjadi motivasi dalam melakukan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki mengatakan, Kabupaten OKU merupakan kabupaten yang memilki banyak potensi harus dimaksimalkan program-program untuk kesejahteraan masyarakat agar Kabupaten OKU terdepan.

Wagub juga menyinggung soal peluang Kabupaten OKU di bidang kesehatan dengan lokasi yang sangat setrategis dan menjadi penyangga beberapa kabupaten tetangga. “Kesehatan merupakan kebutuhan masyarakat, rumah sakit di OKU menjadi rujukan,“ kata Wagub seraya mengimbau ke depan dengan pihak terkait memberikan pelayanan yang berkualitas dan mudah didapat kepada masyarakat yang membutuhkan.

Tepat pada 29 Juli 2016 kemarin, usia kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) bertambah tua, yakni menginjak umur ke 106 tahun. Dan hari ini, Rabu (10/8), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat menggelar paripurna istimewa kelima dalam rangka memperingati hari jadi tersebut, dipimpin langsung Ketua DPRD OKU, Zaplin Ipani didampingi Wakil Pimpinan DPRD OKU, Ferlan Yuliadi Id Murod dan Indrawati. Turut hadir dalam kegiatan itu para wakil rakyat lainnya.

Tema HUT OKU 106 tahun ini, “OKU Bekerja, Untuk Indonesia Kerja Nyata”

“Didalam HUT OKU 106 ini agar masyarakat, legeslatif dan eksekutif bisa bekerja sama menyatukan visi dan misi untuk membangun OKU menuju OKU maju dan Gemilang,” katanya.

Dalam rangkaian paripurna tersebut, panitia menyiarkan sejarah terbentuknya daerah ini berikut siapa saja yang pernah memimpin OKU serta menyiarkan potensi – potensi yang ada.
 
“OKU punya potensi yang luar biasa dari berbagai sektor. Termasuk dari sisi Pariwisatanya. Tentunya kalau ini dapat diolah dan difokuskan, dapat menjadi andalan dan penopang penghasilan PAD. Belum lagi lahan pertanian dan perkebunannya yang luas. Ini tentunya harus menjadikan fokus perhatian supaya Kedepan OKU bisa menghasilkan program pembangunan untuk kepentingan masyarakat OKU yang sama – sama kita banggakan,” ujar Wagub, H Ishak Mekki.

Selain itu, melihat letak kabupaten ini yang strategis, dimana berada di tengah–tengah kabupaten lain, pesan Wagub, penting bagi kedua pemimpinnya (Bupati dan Wabupati) untuk memperhatikan pembangunan di bidang kesehatan. Apalagi ini menjadi kebutuhan dasar masyarakat. “Bagaimana OKU ini kedepan betul–betul jadi rujukan. Sehingga kedepan masyarakat dengan mudah mendapat pelayanan.” Katanya.

Tak ketinggalan masalah kerajinan industri kecil menengah, yang juga ditekankan Wagub harus jadi perhatian. Sebab dirinya yakin, banyak pengerajin di daerah ini yang dapat bersaing di tingkat nasional dan tentunya pula menjadi nilai tambah.

“Kita sudah lihat paparan yang sudah dilakukan para pendahulu pemimpin daerah ini, termasuk oleh Pak Syahrial Oesman (mantan Bupati OKU). Saya yakin Pak SO sudah tanamkan pondasi yang kuat untuk pembangunan OKU. Sehingga dengan mudah bupati melanjutkan pembangunan agar bagaimana OKU ini maju menjadi yang terdepan dan berdaya saing,” katanya. (Cah)
 
Top