GuidePedia

Garut, Global Post - Untuk memenuhi kebutuhan serta pelayanan darah di Garut, direncanakan mulai bulan Agustus 2016 nanti RSUD dr. Slamet akan tersedia Bank Darah. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman usai melakukan aksi donor darah di Kantor Unit Transfusi Darah PMI Kab. Garut Jl. RSU No. 5B Garut, Jumat (22/07). 

 Dalam aksi donor darah tersebut Wabup didampingi oleh istrinya, Hani Firdiani serta para pejabat di Garut diantaranya Kepala Diskominfo, Dik Dik Hendrajaya dan Camat Garut Kota, Basuki Eko. 

 Menurut Wabup Bank Darah di RSUD dr. Slamet direncanakan bisa beroperasi pada bulan Agustus menunggu kesiapan bangunannya, karena peralatannya sudah terpenuhi diantaranya kulkas penyimpanan yang bisa menampung sekitar 1.000 kantung darah. Sedang untuk PMI akan dibenahi kembali peralatannya terutama kulkas penyimpanan darahnya. 

 “Di PMI ini memang ada kekurangan dari kulkas untuk penyimpan darah, ini akan kami penuhi. Ini kekurangan 1 atau 2, sedang di Rumah Sakit sudah cukup karena di RS sudah ada 3 kulkas khusus penyimpanan untuk sekitar 700-1000 darah dan ini akan berjalan di bulan Agustus. Jadi sementara kan sebelumnya belum ada bank darah, nanti tahun ini rumah sakit Garut wajib ada Bank Darah dan insya Allah akan berjalan sekitar Agustus. Karena kita lihat alat-alatnya sudah siap tinggal bangunannya,” terang Wabup usai donor darah dilanjutkan meninjau persiapan Bank Darah di RSUD dr. Slamet. 

 Menurut Wabup keberadaan Bank Darah ini akan sangat membantu karena kebutuhan darah di Garut saat ini belum terpenuhi. Dalam satu bulan rata-rata kebutuhan darah sekitar 1.700 kantong darah dan baru bisa dipenuhi sekitar 1.200 kantong darah. Padahal kebutuhan darah ini sangat membantu para penderita thalasemia di Garut yang mencapai sekitar 270 orang dan membutuhkan sebanyak 500 kantong darah per bulan. Darah juga sangat penting guna menekan angka kematian ibu saat melahirkan. Karenanya Pemda Garut akan membuat regulasi khusus guna memenuhi kebutuhan darah di Garut. Selain itu khusus untuk aksi donor darah ini Wabup menginstruksikan para pejabat Garut untuk mendonorkan darahnya sampai hari Selasa. 

 “Barusan kami baru ke PMI melakukan aksi donor darah yang saya wajibkan kepada seluruh pejabat di seluruh Kabupaten Garut mulai hari ini, mungkin ditindaklanjuti besok ataupun sampai Senin atau Selasa. Dan ini merupakan bagian dari tindak lanjut dari kondisi yang ada dan instruksi pemerintah pusat. Jadi kondisi eksisting saat ini kebutuhan darah 1.700 darah dalam satu bulan dan PMI baru bisa memenuhi 1.200 jadi ada kekurangan sekitar 500 darah dalam satu bulan. Ini harus kita penuhi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat karena didalamnya ada 270 penderita Thalasemia yang membutuhkan sekitar 500 darah dalam satu bulan. Dan ini menyangkut menurunkan angka kematian ibu, karena banyak penyebab kematian ibu itu dari pendarahan. Makanya ini merupakan bagian dari Peraturan Menteri Kesehatan Tahun 2016 bahwa wajib setiap ibu yang melahirkan wajib membawa 3 orang keluarganya untuk melaksanakan donor, untuk antisipasi kematian ibu karena kekurangan darah,” ujar Wabup. 

 Sekretaris Unit Darah PMI Kab. Garut, Rahmat Wijaya mengapresiasi rencana pendirian Bank Darah di RSUD dr. Slamet. Menurutnya ini bisa membantu PMI untuk semakin fokus dalam memenuhi kebutuhan darah yang masih kurang saat ini. Karena saat ini pendonor rutin baru mencapai sekitar 100 tiap bulan. Karenanya selain mensiasati dengan mencari keluar daerah, PMI juga mewajibkan bagi setiap yang membutuhkan darah untuk membawa pendonor sebabnyak 2 orang. 

 “Yang rutin tiap bulan itu kecil, sekitar 100 tiap bulan. Makanya kami Ketua PMI memberlakukan sistim donor darah pengganti, jadi setiap pendonor membawa pendonor dua orang, jadi setiap yang butuh darah 1 labu wajib membawa 2 orang, tidak bisa langsung tetapi harus ada proses. Yang donor sekarang ini untuk kebutuhan besok. Terkait Bank Darah kami sangat bersyukur karena bisa mengurangi beban kami, karena dari kewenangan, PMI berkewenangan untuk mencari darah dan menguji saring. Bank Darah punya kewenangan mengcrosmate dan melakukan trasfusi, sehingga kami akan lebih terfokus kepada pengambilan darah,” tutur Rahmat. (Syaiful Noor)
 
Top