GuidePedia

Baturaja, Global Post - Puluhan bangunan liar yang diduga sebagai sumber penyakit masyarakat warung remang-remang yang berada di kawasan pasar Induk Kelurahan Baturaja Barat diratakan oleh ratusan petugas gabungan Pol PP, Polres OKU, Kejaksaan, TNI DanPom TNI AD, Jumat (3/6/2016).
 
Pantauan di lapangan, puluhan aparat gabungan mendatangi kawasan pasar induk yang selama ini diduga sebagai lokalisasi penyakit masyarakat. Aparat gabungan dengan sigap membongkar puluhan bangunan liar yang terbuat dari kayu tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Pol PP dan Linmas Kabupaten OKU, Agus Salim SSos MM bersama sejumlah perwira Polres OKU.

"Hari ini yang kami tertibkan merupakan bangunan yang tidak mengantongi izin, baik izin usaha maupun izin mendirikan bangunan, semua ini bangunan liar bahkan banyak aduan masyarakat kawasan ini diduga sebagai kawasan hitam yang kerab dijadikan tempat bisnis terarah," kata Agus Salim.

Ditegaskannya, sebelum dilakukannya eksekusi, pihaknya sudah berulang kali memberikan surat peringatan kepada para pemilik bangunan untuk membongkar sendiri bangunan mereka. Namun sampai peringatannya tiga, surat peringatan tidak diindahkan dan sampai hari eksekusi pihaknya berkordinasi dengan sejumlah pihak seperti Polres OKU, Kejaksaan, DanPom TNI untuk melakukan penertiban.

"Penertiban ini sesuai dengan komitmen bersama, yaitu kesepakatan dengan sejumlah pihak. Penertiban ini kami lakukan untuk memberikan rasa aman dan kondusif bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa serta melakukan pengamanan berupa pencegahan penyakit masyarakat," katanya seraya mengatakan himbauan pembongkaran bangunan tak berizin tersebut sudah dilakukan sejak 2014 yang lalu.

Pembongkaran puluhan bangunan liar tersebut berjalan lancar, hampir seluruh bangunan sudah ditinggalkan oleh para penghuninya. Sehingga dalam pelaksanaannya petugas gabungan tidak mengalami kesulitan dalam menertibkan bangunan liar yang tak berizin tersebut. (Cah)
 
Top