GuidePedia

Bandung, Global Post - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan, mendukung penuh Program Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Irigasi, Rawa dan Jaringan Pengairan di Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jabar. Buktinya, dalam waktu dekat Gubernur akan menggelar pertemuan dengan 3.265 petugas pengairan se-Jabar.

"Insha Allah secepatnya. Mudah-mudahan minggu depan. Ini komitmen saya dengan Pak Wagub," kata Heryawan kepada Radar Bandung  usai melantik sejumlah pejabat eselon II, di Gedung Sate, Bandung, kemarin (25/5).

Heryawan menilai, keberadaan petugas pengairan ini sangat penting. Mereka sangat berjasa dalam mengatur pintu masuk daerah irigasi, terutama di saat musim hujan ini. "Mereka berjasa banget. Di setiap daerah irigasi ada petugas. Kapan buka air, kapan nutup air. Itu di bawah tanggungjawab Dinas PSDA Jabar," katanya.

Gubernur mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar berkomitmen memperbaiki irigasi dan aliran air lainnya terutama di musim hujan seperti saat ini. Hal ini penting agar gelontoran air ini tidak mengakibatkan banjir yang berdampak pada kerugian masyarakat. 

Kepala   Bidang   O&P Dinas   PSDA Jabar, Andri Heriyanto menyambut baik rencana pak Gubernur Jabar yang akan melakukan pertemuan dengan petugas pintu air atau petugas   operasi   bendung yang sebanyak lebih kurang 3.265 orang se jabar.

Petugas  OP  ini  menjalankan  tugasnya dalam pengelolaan irigasi baik kewenangan irigasi kabupaten/kota, provinsi maupun pusat. Tujuannya bagaimana meningkatkan indeks kinerja sistem irigasi yang berupa, kondisi sarana dan prasarana bagunan air maupun saluran air irigasi, produktifitas tanam dan indentitas tanam, sarana penunjang, personalia, kelembagaan P3A maupun GP3A) dan dokumentasi.

“Inilah yang menjadi pedoman/acuan parah petugas OP di lapangan, bahwa usaha pemeliharaan adalah usaha yang  dilaksanakan secara teratur dan terus-menerus untuk   menjamin keselamatan dan  kelestarian jaringan irigasi, sehingga eksploitas  atas jaringan  tersebut  dapat tetap dijalankan dengan baik,” terang Andri.

Bahkan, lanjut dia, jika memungkinkan bagaimana sistem irigasi di Jabar lebih ditingkatkan lagi. Sehingga ini berlanjut dengan baik dan terlihat usaha pemeliharaan   mempunyai jangkauan yang luas jauh kedepan. (Herman. S)
 
Top