GuidePedia

Bandung, Global Post - Perumahan yang diperuntukkan untuk rumah tinggal di Kota Bandung sudah tidak nyaman lagi ditempati, terkait berdiri pergudangan tanpa ada Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Dinas terkait di lingkungan rumah tinggal tersebut. 
 
Hal ini terjadi di salah satunya Perumahan elite Taman Holis Indah Kelurahan Cigondewah Kidul Kecamatan Bandung Kulon, selain rumah tinggal yang didirikan oleh Pengembang juga ada Ruko untuk masyarakat yang mau membuka usaha/toko, tapi masyarakat tetap saja membandel menjadikan rumah tinggal sebagai gudang usaha mereka.

Menurut salah satu warga yang namanya tidak mau disebutkan mengatakan “Rumah tinggal tidak boleh dibangun gudang, disamping tidak ada ijin dari warga dan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) tetap saja di bangun. Ini sangat meresahkan masyarakat sekitarnya, dari mulai pembangunannya, tidak pernah mengenal waktu dan tidak memikirkan orang lain yang lagi beristirahat,” ujarnya.

“Kendaraan truck keluar masuk dan parkir didalam gang yang hanya muat dengan 2 mobil sehingga membuat mobil penghuni tidak bisa keluar karena terhalang oleh truck,” ungkap wargi lagi.

Sejumlah warga mengaku sudah melaporkan kepada Dinas Terkait, tapi tidak ada tindak lanjutnya dalam melarang pembangunan gudang di dalam perumahan yang jelas jelas peruntukkannya hanya rumah tinggal. Sepertinya Dinas Tata Ruang Cipta Karya dan BPPT Kota Bandung  tutup mata dengan hal ini.

“Apakah pembangunan gudang di dalam perumahan yang peruntukkannya untuk rumah tinggal diperbolehkan, khususnya untuk perumahan Taman Holis Indah ini dan kenapa IMB yang dikeluarkan dari tahun 2000 yang peruntukkannya untuk rumah tinggal bisa dipakai kembali untuk pembangunan gudang?,  ungkap mereka dengan kesal.

Dikatakan warga, demi kenyamanan penghuni perumahan Taman Holis Indah khususnya Blok A, di mohon Pihak terkait seperti Pengembang Taman Holis Indah, Dinas Tata Ruang Cipta Karya Kota Bandung, BPPT Kota Bandung dan Walikota Bandung harus mengambil tindakan tegas dalam menindak lanjuti masalah ini.

Berdasarkan hasil pantauan langsung Global Post di lapangan, memang benar terjadinya pembangunan gudang di Perumahan Taman Holis Indah Blok A Kelurahan Cigondewah Kidul Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung, yang mana ijin yang dipakai oleh pemilik bangunan itu sudah tidak berlaku lagi karena sudah berubah fungsi dari Rumah Tinggal menjadi Gudang. Sedangkan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dikeluarkan oleh Dinas BPPT Kota Bandung  Tahun 2000 sangat jelas peruntukkannya  hanya rumah tinggal bukan gudang. (ARV)
 
Top