GuidePedia

Dompu, Global Post - Pemerintah Kabupaten Dompu terus melakukan berbagai persiapan dalam rangka menyambut sekaligus memeriahkan kegiatan Festival Pesona Tambora 2016. Rencananya, Festival yang jatuh pada 11 April 2016 nanti, akan dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI Dr. Yusuf Kala.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas melalui Sekertaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu Anwar M, S.Sos, menurutnya kegiatan Festival Pesona Tambora 2016 dihadiri oleh Wapres Yusuf Kala. Rencananya, rute yang akan ditempuh Wapres melintasi wilayah Dompu menggunakan kapal angkatan laut mulai dari pulau Moyo menuju pulau Satonda. Selanjutnya Wapres dan rombongan berlabu di pelabuhan Calabai. 

“Dari pelabuhan itu nanti, Wapres bersama rombongan menuju lokasi Savana Doroncanga sebagai destinasi Festival Pesona Tambora 2016. Namun sebelum itu, Wapres akan melakukan peresmian pabrik gula di Kecamatan Pekat,” kata Anwar.

Berkaitan persiapan Festival Pesona Tambora 2016, ada sejumlah kegiatan maupun event lainnya, baik yang dilaksanakan oleh Pemkab Dompu, Pemprov NTB maupun Pusat. Dari Kabupaten Dompu sendiri, kita melaksanakan pesta rakyat. Seperti sepeda dan jalan santai. Selanjutnya, di Savana Doroncanga diadakan festival kuliner kampung yaitu “Puru Timbu” dan Bakar Jagung. “Dua event kuliner kampung ini dilakukan sepanjang satu kilometer, kemudian diiringi kesenian khas Dompu berupa biola dan gambus,” tambah Anwar. 

Kemudian, peserta yang terlibat dalam event kuliner kampung “Puru Timbu” dan Bakar Jagung dengan melibatkan seluruh masyarakat Dompu. Karena pada prinsipnya dua event ini sudah kita programkan. “Sedangkan kuliner lainnya, ada di stand masing-masing perwakilan daerah maupun kota,” jelas Anwar.
Event lainnya yang dilaksanakan dalam rangkaian Festival Pesona Tambora 2016, yaitu menaklukan puncak Tambora. Kegiatan itu diikuti oleh masyarakat Indonesia dan Mancanegara melalui pendakian dua sisi yaitu pendakian lewat Pancasila dan Doroncanga. “Kemudian di puncak Tambora nanti, dilakukan pembentangan bendera sepanjang 600 meter. Yah semoga saja. Itu merupakan bagian dari dalam buku rekor,” harapnya.
Rangkaian kegiatan lainnya adalah pacuan kuda, dan ‘Pawai Rimpu’ yang melibatkan perwakilan-perwakilan badang masing-masing desa di Dompu. “Semoga Pawai Rimpu ini akan lebih banyak dari tahun sebelumnya. Karena target kita bagaimana dapat melebihi hasil Muri tahun 2015 lalu,” harap Anwar. 

Kegiatan yang menjadi daya tarik bagi pecinta otomotif adalah Terabas Adventure. Terabas ini mulai dari Doroncanga yakni star di Pos I menuju Pos III. Menurut rencana, EO IMMI Dompu yang bekerjasama dengan KNPI Dompu, bahwa Terabas tersebut melibatkan 20 Kabupaten/Kota di Indonesia. Beberapa rangkaian kegiatan Festival Pesona Tambora 2016 tersebut dilaksanakan oleh Pemkab Dompu. Lainnya akan dilaksanakan oleh Pemprov NTB dan Pusat.

Berkaitan anggaran Festival Pesona Tambora 2016, Anwar mengatakan, memang tahun sebelumnya kami tidak merencanakan itu menyusul sudah ada pernyataan dari bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) akan ditanggung oleh APBN. “Tetapi inikan hajatnya Pemkab dan masyarakat Dompu dalam mempromosi destinasi pariwisata di Dompu sendiri. Jadi sekarang, rencana anggaran yang digunakan masih dalam pembahasan lebih lanjut antara unsur pimpinan, yang kemudian dilanjutkan ke DPRD,”  inbunya. 

Jadi lanjutnya, harapan kami dalam menyambut Festival Pesona Tambora 2016 di Savana Doroncanga nanti, mengajak seluruh lapisan dan elemen masyarakat agar bersama-sama, bahu membahu untuk mendukung kegiatan Festival Pesona Tambora 2016. Karena kegiatan tahun ini, kehadiran pucuk pimpinan di Indonesia nanti, selain melaksanakan pesta bersama rakyat, juga melakukan peresmian pabrik gula sebagai pecadangan kebutuhan gula untuk masyarakat Indonesia Timur. “Keberadaan pabrik gula ini sekaligus menyerap lapangan kerja serta mendorong peningkatan ekonomi dan kreatifitas masyarakat,” ungkapnya. (Rif)
 
Top