GuidePedia

Dompu, Global Post - Dalam rangka mensukseskan Event Festival Pesona Tambora Tahun 2016 yang kelangsungnya tinggal menghitung hari. Pemda Dompu belum lama ini optimis dan mengaku sudah menyiapkan sejumlah kegiatan yang akan mewarnai Event besar tersebut. Hal tersebut disampaikan langsung Kabag Humas Pemda Dompu Abdul Sahid SH, saat ditemui awak media  ini diruang kerjanya, Selasa (5/4/2016).
 
Diakuinya, adapun katagori kegiatan dalam moment tersebut antara lain. Pada hari Kamis tanggal 7 April Tahun 2016 akan digelar dzikir dan doa bersama di Masjid Baiturahman Dompu. Jumat 8 April 2016 Ziarah Makam Pahlawan. Minggu 10 April 2016 Pawai budaya yang akan dilakukan lapangan Bringinjaya pemda Dompu dan finisnya dilapangan Karijawa. 

Senin 11 April 2016 Upacara HUT Dompu yang ke 201 di lapangan beringin Dompu. Kemudian pada hari Jumat tanggal 15 April sampai Sabtu 16 April 2016 adalah puncak festival pesona Tambora, yang akan berlangsung di Doroncanga Kecamatan Pekat Dompu, yang juga dirangkaikan dengan peresmian pabrik gula PT SMS yang berlokasi di Desa Doropeti kecamatan Pekat Dompu. 

"Untuk hari Sabtu dan Minggu (16-17 April 2016) nanti akan digelar two days trail adventure yang akan berlangsung di Doroncanga wilayah kawasan lereng Tambora Kecamatan Pekat," jelas Abdul. 

Diakuinya, untuk mengawali event festival pesona tambora tersebut, Pemda Dompu dari beberapa hari kemarin sudah menggelar kegiatan kirap pataka yang merupakan lambang daerah kabupaten Dompu. Kirab pataka tersebut kata dia, sudah berlangsung dua hari kemarin dan dilanjutkan sampai hari ini. "Wilayah yang disentuh oleh kirab pataka itu antara lain. Kecamatan Huu, Pajo dan Dompu. Kemarin sekitar pukul 11.00 wita sampai 12.15 wita usai berada di Kecamatan Dompu setelah usai di Pajo. Kemarin malam sempat dinginapkan di pandopo Bupati Dompu. Tadi pagi mulai jalan lagi menuju kecamatan Woja, Manggelewa, Kilo, Kempo dan Pekat," terang Abdul.

Untuk kegiatan yang lain tambah Abdul, kemarin Bupati Dompu Drs. H Bambang M Yasin, secara resmi membuka kejuaran pacuan kuda di Desa Lapadi Kecamatan Pajo (arena pecuan kuda, red). Dalam kejuaraan tersebut memperbutkan piala bupati dan wakil bupati dompu. "Lomba pacuan kuda merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan event pesona tambora," tuturnya. 

Dilain hal lanjut Abdul, pada moment kegiatan zikir akbar yang akan berlangsung di Masjid Agung Baiturrahman, rencananya akan dihadiri oleh Ustadz Sa'aban selaku penceramah. “Seluruh aparat sipil negara (pegawai pemerintah Dompu,red) akan dilibatkan dalam kegiatan ini, termasuk masyarakat Dompu," paparnya. 

Terlepas dari hal itu kata Abdul, Pemda Dompu berharap kepada seluruh masyarakat Dompu, agar bersama sama mensukseskan event festival pesona tambora nanti. "Tanpa dukungan, dorongan dan partisipasi dari masyarakat Dompu. Kami tidak bisa bekerja sendiri," harapnya. 

Apakah kegiatan yang diakomidir dalam Tambora Menyapa Dunia (TMD) Tahun 2015 kemarin, akan kembali dituangkan dalam envent festival pesona tambora..? Abdul mengaku, pada prinsipnya Pemda Dompu tetap berlajar dari pengalaman. Sehingga dalam event nanti kata dia, hanya ada kegiatan kegiatan yang sifatnya ringan dan tidak beresiko. 

“Menjelang puncak event nanti, kami akan menggelar kegiatan yang belum pernah kami lakulan. Kegiatan itu adalah Puru Timbu dan Jagung (Bakar Nasi Bambu dan Jagung) di lokasi Doroncanga," paparnya. 

Disinggung kepastian kehadiran Presiden RI dalam event festival pesona tambora nanti..? Kata Abdul, Presiden RI dipastikan akan hadir pada puncak event besar tersebut (16 April 2016, red). "Kami belum tahu, apakah pada tanggal itu presiden RI akan terlebih dahulu meresmikan Pabrik Gula milik PT SMS atau berada lebih dulu dalam moment puncak event tersebut. Intinya kita lihat saja nanti," katanya. (Rif)
 
Top