GuidePedia

Pemanfaatan teknologi informasi pada setiap kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dilaksanakan untuk menuju good governance. Konsep good governance ini memerlukan sistem yang mampu mengakomodir kebutuhan pelayanan yang cepat, tepat dan tidak berbelit-belit. Dengan penggunaan sistem informasi dimungkinkan adanya otomatisasi pekerjaan dan fungsi pelayanan untuk mewujudkan pelayanan yang baik termasuk otomatisasi dalam penanganan sistem kepegawaian.
 Dengan latarbelakang Inpres Nomor 3/2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Gov, Misi kedua BKPP yaitu Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kepegawaian Berbasis Teknologi Informasi serta banyaknya jumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor yang mengajukan cuti tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 24/1976, maka BKPP Kabupaten Bogor melengkapi layanan kepegawaian dalam Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian dengan fasilitas cuti online yang sudah dapat diakses seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor mulai tanggal 1 April 2016. Beberapa manfaat dari fasilitas cuti online antara lain :
1.         Peningkatan kualitas pelayanan (kecepatan, efesien dan ekonomis bagi pengusul di
Kec/UPT/Sekolah; 2. PNS dapat memantau perjalanan izin cuti; 3. Pengendalian atas cuti yang didelegasikan ke SKPD; 4. Pengendalian kuota/jumlah yang cuti pada hari bersamaan (Maks 5% sesuai PP 24/76); 5. Pengendalian atas cuti Guru (tidak diperkenankan cuti tahunan) dan cuti bagi CPNS (hanya mendapatkan cuti setelah 1 tahun melaksanakan tugas).  
Adapun lingkup pengguna aplikasi cuti online adalah :
1.         Pegawai Negeri Sipil, 2. Atasan langsung dari Pegawai Negeri Sipil yang mengajukan izin cuti. 3. Satuan Kerja Perangkat Daerah khususnya Kepala SKPD dan Kasubag Umum dan Kepegawaian. 4. Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bogor.

Berikut petunjuk penggunaan aplikasi cuti :
A.        Petunjuk Penggunaan Aplikasi Cuti Untuk Pegawai ASN
Alamat Web : http://easn.bogorkab.go.id/ecuti (alamat ada di web resmi bkpp). Tampilan
utama Aplikasi Cuti adalah sebagai berikut :


Langkah-langkah Pengajuan Permohonan Cuti adalah sebagai berikut :
1.         Lakukan Registrasi dengan mengklik menu Registrasi pada tampilan Utama Aplikasi Cuti, maka for registrasi akan muncul sebagai berikut :


2.         Masukan NIP dan tekan tombol CARI, maka data secara otomatis akan muncul. Tentukan Password untuk bisa login ke dalam sistem. Antara Password dan Konfirmasi Password harus sama.
3.         Jika registrasi berhasil maka akan muncul pesan seperti di bawah ini :


4.         Untuk Login klik menu login pada tampilan Utama Aplikasi Cuti maka akan muncul sebagai berikut :

5.         Inputkan NIP Baru dan Password yang telah diinputkan pada registrasi.
6.         Jika berhasil maka formulir permohonan cuti akan tampil sebagai berikut :

7.         Isi sesuai dengan kebutuhan cuti pegawai yang mengajukan cuti. Jika telah yakin klik tombol simpan. Maka Status Permohonan Cuti Baru akan berubah menjadi Permohonan Cuti Tersimpan seperti tampilan di bawah ini :


8.         Jika telah yakin kirim permohonan Cuti dengan mengklik tombol Kirim Cuti untuk diverifikasi oleh operator di OPD masing-masing. Jika berhasil maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

9.         Status berubah menjadi Verifikasi OPD dan Cetak Permohonan Cuti untuk ditandatangani oleh atasan langsung. Surat Permohonan Cuti bisa disimpan dalam format PDF.


B.        PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI CUTI UNTUK VERIFIKATOR OPD
Langkah-langkah Verifikator OPD adalah sebagai berikut :
1.         Login terlebih dahulu dengan mengklik menu Admin pada tampilan utama aplikasi cuti, maka akan muncul for login sebagai berikut :

2.         Inputkan dengan Nama User dan Password yang telah didaftarkan oleh administrator BKPP. Jika berhasil maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

3.         Pada inbox Usulan Cuti akan muncul daftar nama pegawai yang mengajukan cuti untuk diverifikasi oleh operator OPD. Klik tombol verifikasi pada kolom pegawai yang akan diverifikasi. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

4.         Upload Usulan Surat Cuti yang telah ditandatangani oleh atasan langsung dengan mengklik Upload Berkas. Maka tampilan akan muncul sebagai berikut :

5.         Pada tampilan Upload Berkas. Klik tombol Ambil Berkas dan pilih File Permohonan Cuti Pegawai yang telah ditandatangani oleh pejabat berwenang lalu klik tombol Upload Berkas.
6.         Jika usulan cuti telah benar, maka klik tombol kirim usulan cuti untuk diverifikasi oleh verifikatur BKPP.
7.         Untuk melihat daftar pegawai yang sedang diproses dan berhasil dikirim ke verifikatur BKPP klik menu Verifikator dan klik Usulan Terkirim seperti tampilan aplikasi di bawah ini :


8.         Untuk mencetak usulan cuti pegawai Fungsional Umum yang telah diverifikasi oleh verifikatur BKPP klik inbox dari BKPP, maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

9.         Cetak Surat Cuti dengan mengklik tombol Cetak Cuti pada pegawai, akan dicetak surat cutinya seperti terlihat pada tampilan di bawah ini :



C.        PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI CUTI UNTUK VERIFIKATOR BKPP
Langkah-langkah Verifikator BKPP adalah sebagai berikut :
1.         Login terlebih dahulu dengan mengklik menu Admin pada tampilan utama aplikasi cuti, seperti petunjuk untuk verifikator OPD di atas.
2.         Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

3.         Lakukan Verifikasi Cuti yang telah diverifikasi oleh OPD dengan mengklik tombol verifikasi. Maka tampilan akan muncul seperti berikut :

4.         Jika karena alasan tertentu dan permohonan cuti ditolak maka klik tombol Tolak. Isikan alasan penolakan dan simpan. Maka permohonan cuti akan kembali ke verifikatur OPD dengan keterangan penolakan.
5.         Jika Permohonan Cuti disetujui klik tombol permohonan Cuti disetujui. Maka Surat Cuti untuk fungsional umum akan diterima oleh verifikatur OPD pada menu inbox dari BKPP seperti telah dijelaskan pada tahap di atas.
6.         Sedangkan untuk Pejabat Eselon maka wewenang untuk mencetak surat cuti ada di verifikator BKPP.
Penerapan system cuti online diharapkan dapat meningkatkan efesiensi dan efektifitas, selain dengan respon dari pengajuan cuti yang cepat. Bagi Pemerintah Kabupaten Bogor, khususnya BKPP tentu saja system ini sangat membantu. BKPP dapat mengontrol para Pegawai Negeri Sipil dengan mudah serta mengetahui sisa libur pegawai dengan sekali buka. Cuti online akan menguntungkan bagi kedua belah pihak baik pegawai maupun Pemerintah Kabupaten Bogor karena sangat banyak sekali manfaatnya. Semoga semua pihak yang berkepentingan dapat memanfaatkan fasilitas cuti online ini dengan sebaik-baiknya. (dauri)
 
Top