GuidePedia

OKI, Global Post - Musabaqoh Tilawatil Qur’an  (MTQ) Ke- XXVII Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) telah dilaksanakan  17 – 23 Februari 2016 yang dipusatkan di desa Catur Tunggal Kecamatan Mesuji Makmur yang diikuti oleh 792 peserta dari 18 Kecamatan yang ada diKabupaten OKI dengan mempertandingkan 22 cabang  yang dilombakan. Untuk pemenang MTQ Tingkat Kabupaten OKI  akan menjadi utusan atau perwakilan pada ajang yang lebih tinggi yaitu MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Selatan  yang rencananya akan di gelar di Kota Lubuk Linggau pada bulan Maret atau April 2016 mendatang. Mudah–mudahan nanti qori dan qori’ah  dari Kabupaten OKI akan kembali mandapat juara.

Ajang pencarian qori dan qori’ah terbaik ini sengaja di laksanakan di desa – desa agar supaya syiar dan pembacaan Al-qur’an oleh qori dan qori’ah terbaik dapat dirasakan oleh masyarakat pedesaan hingga mereka lebih menncintai Al-qur’an, papar Asnil Fikri Ketua Panitia Pelaksana MTQ Ke- XXVII Tingkat Kabupaten OKI.

Bupati OKI Iskandar, SE dalam sambutannya pada pembukaan MTQ Ke- XXVII tingkat Kabupaten OKI mengatakan, membangun Desa bukan hanya fisik dan Infrastruktur saja, melainkan pembangunan Iman dan Taqwa bagi masyarakat  lebih utama, ini merupakan bagian dari program Membangun OKI dari Desa yang dua tahun ini sedang gencar – gencarnya kita lakukan. Selain fisik dan infrastruktur masyarakat di desa juga butuh sentuhan Pemerintah dalam hal pembangunan  mental spiritual, papar Bupati OKI.

Pada acara penutupan MTQ Ke- XXVII Tingkat Kabupaten OKI di Desa Catur Tunggal Mesuji Makmur, Bupati OKI Iskandar, SE yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten OKI H. Husin SPd.MM menyampaikan bahwa, Syiar agama  dan pemahaman dalam pembacaan Al-qur’an harus di mulai dari usia dini karena pada usia seperti ini jiwa mereka masih murni  sehingga mereka fokus dalam pembelajarannya. 

Juara Umum, dari hasil MTQ tersebut secara keseluruhan Kecamatan Pedamaran meraih predikat  juara umum  yang menyisihkan 17 Kecamatan lainnya, yang di susul oleh Kecamatan Teluk Gelam pada posisi ke 2 dan Kecamatan Kota Kayuagung pada posisi ke 3. Pada kesempatan tersebut secara simbolis Sekda OKI H. Husin ,SPd.MM  menyerahkan Piala bergilir kepada Camat Pedamaran H. Herkoles, SIP.

Dalam kesempatan yang sama di sela – sela penutupan Camat Pedamaran H. Herkoles, SIP menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota kafilah kecamatan Pedamaran yang telah berhasil meraih juara umum yang telaqh memberikan prestasi bagi Kecamatan pedamaran  dan pihaknya merasa puas terhadap dewan juri yang bersifat objektif dalam penilaian ini, sehingga pelaksanaan MTQ Ke- XXVII ini berjalan dengan sukses dan secara keseluruhan semua khafilah  merasa puas dengan prestasi masig – masing, tandasnya. (KUSYANTO/ADV)
 
Top