GuidePedia

Malang, Global Post - Salah satu program yang kini sedang digalakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Malang (Bapekab) beberapa waktu yang lalu sangat direspon positif oleh peserta. Pasalnya program berbasis ON line ini sangat membantu kinerja Aparatur Desa   untuk mengakses data dari Desa ke Kecamatan yang kemudian dilanjutkan ke Pemerintah Kabupaten Malang. Dalam hal ini Bapekab dan Pengelolah Data Elektronik (PDE).
 
Menurut Ir. Susmono selaku Kabit Perencanaan Pemerintahan dan Sosial Budaya menjelaskan, untuk kegiatan musrenbang berbasis On Line ini memang baru pertama kali dilaksanakan. Pada intinya program ini untuk membantu dan mempermudah mengakses data dari mesrenbang Des kemudian diteruskan ke Musrebang Cam, dilanjutkan ke SKPD Kabupaten Malang, dalam hal ini Bapekab dan PDE. 

Susmono juga menambahkan, untuk kegiatan Musrenbang berbasis On Line kali ini dibagi dua gelombang, yang pertama diikuti oleh 12 Kecamatan, dan yang terakhir diikuti 27 Kecamatan dengan peserta Sekertaris Desa (Sekdes). Untuk Desa yang tidak bisa internet, pihaknya nanti akan mengumpulkan dari beberapa Desa untuk pendampingan yang nantinya akan dipusatkan di Kecamatan masing –masing. 

Menurut  Ferry Hari Agung, ST. MT selaku Kepala Bagian Pengelola Data Elektronik (PDE) menuturkan, kegiatan ini memang program dari Bapekab Kabupaten Malang, untuk PDE sendiri hanya pendamping untuk mengakses Munserbang On Line. Sehingga program ini akan cepat terakses tidak harus menunggu data manual dari Desa maupun Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Dengan adanya program On Line ini, tentunya akan membantu perkembangan dan kemajuan di masing–masing wilayah dengan cara mengimput data otomatis dapat ketahui oleh Pemkab Malang, terang Hery. (YP)
 
Top