GuidePedia

Garut, Global Post - Bupati Garut Rudy Gunawan melantik dan mengambil sumpah jabatan dua puluh delapan pejabat struktural eselon III dan IV dilingkungan Pemerintah Kabupaten Garut di Gedung Pendopo, Senin (11/1/16). Dua puluh empat diantaranya merupakan eselon III/a dan III/b, sisanya sebanyak empat orang eselon IV/a.
 
Promosi dan pergeseran jabatan pun terjadi dengan terbitnya surat keputusan Bupati Garut, Nomor 821.2/Kep.010-BKD/2016 tersebut. Untuk eselon III, dua diantaranya promosi dari sekmat menjadi camat. Sekmat Kadungora Engkos Hardi promosi menjadi Camat Caringin yang kosong pasca meninggalnya camat sebelumnya, Asep Sopyan. Dan Sekmat Cilawu Doni Rukmana promosi menjadi Camat Cisewu menggeser Asep Girijaya yang dipindah tugaskan menjadi Camat Pakenjeng.

Sementara Camat Pakenjeng sebelumnya Ganda Permana bergeser menjadi Camat Banyuresmi menggantikan Hj Rusmanah yang beralih tugas menjadi Kepala Bagian Keuangan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Garut.

Berikut para pejabat yang dilantik Bupati Garut diawal tahun 2016 tersebut; Kepala Bagian Keuangan Setwan, Tuti Sugiarti beralih menjadi Kepala Bagian Umum Setwan; Deden Surojo, sebelumnya kepala Bagian umum setwan beralih tugas menjadi Sekretaris Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan; Tedi Kusnadi, sebelumnya Sekretaris Dinas Perindustrian, perdagangan dan pengelolaan pasar menjadi Sekretaris Dinas koperasi, UMKM dan BMT yang ditinggalkan Hj Yetty Sutaryati yang dialihtugaskan menjadi Sekretaris Badan Ketahanan Pangan (BKP). Sektretaris BKP, Otang Sadewa beralih tugas menjadi Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelolaan Pasar.

Kepala Sub Bidang Kompetensi dan Kinerja Badan Kepegawaian dan Diklat, Bangbang Hernowo mendapatkan promosi menjadi Sekretaris Kecamatan Cibatu menggantikan Asep Purnama Alam yang beralih tugas menjadi Sekretaris Kecamatan Cilawu yang ditinggalkan Doni Rukmana yang promosi menjadi Camat Cisewu. Kepala Sub Bagian Tata Praja Sekretariat Daerah, Jeje J. Abidin mendapat promosi menjadi Sekmat Kadungora menggantikan Engkos Hardi. Posisi yang ditinggalkan Jeje di tempati Mohamad Topan Sandi yang sebelumnya sebagai Ajudan Bupati.

Masih diseputar promosi, Kepala Seksi Pelayanan Umum Kecamatan Samarang, Nanang Rohman menjadi Sekretaris Kecamatan Peundeuy, yang sebelumnya dijabat Ujang Lesmana yang bergeser menjadi Sekretaris Kecamatan Cisompet.  Abuy Supriatna, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kecamatan Pamulihan menjadi Sekretaris Kecamatan Cikelet; Robiul Awaludin, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Karangtengah menjadi Sekretaris Kecamatan Cihurip. Agus Saptono, Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satuan Polisi Pamong Praja, menjadi Sekretaris Kecamatan Mekarmukti.
Tedi Ruspendi, Sekretaris Kecamatan Mekarmukti beralih menjadi Sekretaris Kecamatan Sucinaraja; Acu Rahmat, Sekerataris Kecamatan Sucinaraja menjadi Sekretaris Kecamatan Pangatikan; Abu Yaya, Kasubag Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi dipromosikan Bupati menjadi Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pembangunan Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi; Asep Edy Hermansyah, Kepala Seksi Pengelolaan Lahan dan Air Dinas Perkebunan mendapatkan promosi menjadi Kepala Bidang Pengendalian Perkebunan Dinas Perkebunan.

Andi Sutardi, sebelumnya sebagai Jabatan Fungsional di Sekretariat Daerah, menjadi Kepala Bidang Bina Usaha Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan yang sebelumnya dijabat Aep Asmulloh yang dilantik menjadi Kepala Bidang Pendidikan dan pengembangan Peternakan Dinas peternakan Perikanan dan kelautan; Andri Irawan, sebelumnya menempati Jabatan fungsional menjadi Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Hutan Dinas Kehutanan; Dudung, Kasubag TU UPTD TPH Kecamatan Pakenjeng pada Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura mendapatkan promosi menjadi Kepala UPTD ditempat yang sama; dan Edy Ruknaedi, Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPTD Santolo pada Dinas kebudayaan dan Pariwisata promosi menjadi Kepala UPTD ditempat yang sama.

Bupati Garut Rudy Gunawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pergeseran dalam jabatan yang dilakukannya merupakan bagian dari penyegaran organisasi. Proses rotasi dan mutasi ini juga terjadi karena adanya pengisian beberapa kekosongan jabatan. Dan hal ini dilakukan tidak serta merta, sebelumnya telah dilakukan proses Assesment dan pembahasan yang panjang.

Ditegaskan Bupati, bahwa pelaksanaan Mutasi, rotasi maupun promosi yang dilakukannnya diarahkan dalam kerangka menguatkan dan meningkatkan akselerasi kinerja birokrasi Pemerintah. Sebagaimana diketahui kesolidan di semua jenjang struktural sangatlah dibutuhkan dalam menyongsong pelaksanaan APBD tahun 2016 yang tentunya sebagai tahun kedua implementasi RPJMD tahun 2014-2019.

“Saya berharap proses ini mampu mendorong kinerja SKPD yang dianggap masih harus terus ditingkatkan kinerjanya. Ekspektasi tinggi dan kepercayaan juga saya sampaikan kepada para pejabat struktural yang hari ini dilantik, mudah-mudahan saudara mampu mengemban amanat ini dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat sebaik mungkin, selamat bekerja,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan pelantikan, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, Sekretaris Daerah H Iman Alirahman, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Garut Alit Suherman serta para Kepala SKPD dan tamu undangan lainnya. (Syaiful Noor)
 
Top