GuidePedia

Lambar, Global Post - Kabupaten Lampung Barat pada tahun Anggaran 2016 akan mendapat kucuran dana yang bersumber dari APBN Melalui  Alokasi Dana Desa (ADD) yang Mencapai Rp 109.216.600 akan diterima 131 Pekon. Besaran dana tersebut terbagi dari dua sumber, pertama dari Anggaran Pendapatan dan Belanja  Negara (APBN) sebesar Rp 81. 428.807.000 dan kedua bersumber  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lambar Rp 27.705409.600. 
 
Hal ini dikatakan Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Agustanto Basmar saat Mendampingi Kepala Bappeda Lambar Ir. Okmal, M.Si., bahwa total ADD tahun mendatang nyaris meningkat 100 persen dari total alokasi serupa  tahun 2015.


“Tahun ini ADD bersumber dari pusat sebesar tiga puluh enam miliar lebih ditambah dari APBD Lambar sekitar dua puluh Sembilan miliar,” katanya. 

Menurutnya, besarnya dana yang diterima Lambar Tahun mendatang tentu diharapkan mampu mendukung percepatan pembangunan infrastruktur pedesaan, seperti jalan lingkar maupun infrastruktur lainnya ditingkat pekon.

“Jika rata-rata, 131 pekon Lambar menerima sekitar delapan ratus sehingga Sembilan ratus juta. Namun metode penghitungan dan pembagian merupakan kewenangan BPMPP,” ujarnya.

Sementara ketua komisi I DPRD Lambar Yohansyah Akmal, SH berharap pengawasan terkait pengelolaan ADD bagi 131 pekon di Lambar bisa maksimal, sehingga tidak memunculkan permasalahan dikemudian hari.

“Kalau pengelolaanya benar, tentu tidak akan ada masalah. Namun Pemkab juga harus melakukan pengawasan, karena belum tentu pekon bisa menggunakan ADD secara baik dan sesuai ketentuan yang ada,” terangnya. 

Ditambahkan Agus, penegak hukum juga diharapkan bisa melakukan penyidikan terkait penggunaan ADD tahun anggaran 2015, “sehingga kedepannya aparat pekon bisa lebih berhati-hati dan tidak melakukan kesalahan, apalagi sampai melakukan penyelewengan anggaran,” pungkasnya.  (Edial)
 
Top