GuidePedia

Musi Rawas, Global Post - Sekertariat DPRD Kabupaten Musi Rawas ditahun 2015 menganggarkan sebagian dana guna untuk menjalankan tugas rutin tahunan disekertariatan DPRD Musi Rawas. Kegiatan tersebut terbagi atas beberapa item diantaranya,  Penyediaan jasa peralatan dan perlengkapan kantor dan Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor dan lain lainnya.

Untuk Penyediaan jasa peralatan dan perlengkapan kantor berdasarkan informasi yang diterima Global Post sebesar Rp. 21 600 000,  itu berasal dari APBD Musi Rawas 2015.  Sementara dana kegiatan untuk Penyediaan jasa kebersihan kantor, kurang lebih sebesar Rp. 115 800 000 berasal dari APBD Musi Rawas 2015. Lalu dana kegiatan Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik, kurang lebih Rp. 205 000 000, berasal dari APBD Musi Rawas 2015. Dana pada kegiatan Penyediaan komponen instalasi/penerangan bangunan kantor, kurang lebih Rp. 15 000 000, dari APBD Musi Rawas 2015. Dana untuk kegiatan penyediaan barang cetakan dan pengadaan kurang lebih Rp. 160 000 000, berasal APBD Musi Rawas 2015.

Dari lima item kegiatan ini harus mendapat perhatian khusus, dan sudah sepatutnya untuk di pertanyakan. Untuk mencari titik terang, Global Post mencoba untuk menjumpai salah satu pejabat yang berkompeten di Sekertariat DPRD Musi Rawas, yang mana nama dan jabatannya tidak mau disebutkan di koran ini, ia tidak mau menjawab secara mendatail/ lebih jauh, karena takut disalahkan pimpinan (sekwan sebagai penguna Anggaran) dikarenakan menyangkut kewenangan sekertaris,” ujarnya.

Dikatakan dia berbagai kegiatannya seperti penyediaan jasa peralatan dan perlengkapan kantor, ganti ambal diruangan paripurna, ganti bola lampu, printer, ATK kantor bermacam-macam perlengkapan kantor. Kegiatan penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik, kegiatan benarin Ac , ganti bola lampu, benari instalasi listrik.

Kegiatan penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor, kegiatannya ganti bola lampu yang putus, insatalasi listrik kantor seluruh jaringan listrik. Kegiatan penyediaan barang cetakan dan pengadaan, kegiatannya beli blangko, kwitansi, amplop, termasuk barang cetakan buku-buku, dan kalender.
Sedangkan Kegiatan jasa kebersihan kantor, kegiatannya dimulai dari pintu depan kantor sampai kedalam kantor  dan taman luar kantor, yang bersih-bersih ada yang honorer ditambah staf kantor, honorernya ada 7 orang dan kalu dari PNS nya 1 orang sebagai kordinator kebersihan, kalau PNS tidak di gaji, kalau honorer kebersihan di gaji perbulannya dibawah 1 jutah rupiah.

“Kalau ditahun-tahun sebelumnya upah honorer kebersihan lebih kecil dari tahun sekarang (2015),” ujarnya menjelaskan.

Dikatakannya dia tidak bisa menjelaskan berapa anggaran dana dari lima kegiatan tersebut dan nama-nama PPTK nya karena menyangkut kewenangan pimpinan (sekertaris DPRD Mura - red) sebagai punguna anggaran kegiatan tersebut, dan ia menjaga bahasa didalam birokrat, temui saja pimpinan,” ujar salah satu pejabat yang berkompeten di Sekertariat DPRD Kabupaten Musi Rawas yang tidak mau nama dan jabatannya disebutkan dikoran. (Leo Hendra. S)
 
Top