GuidePedia

Garut, Global Post – Tepatnya pada, Senin (14/12/2015) lalu, Sekretaris Daerah Kab. Garut, Iman Ali Rahman didampingi Dandim 0611 Tarumanegara, Letkol Inf. Zaiful Rakhman secara resmi membuka Pameran Ketahanan Pangan Kabupaten Garut. Acara yang digelar di Halaman Kantor Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kab. Garut ini dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia yang Ke-35 yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober.
 
Pameran ini digelar dari tanggal 14 sampai 17 Desember 2015 lalu. Selain produk hasil pangan seperti hasil beragam olahan makanan pangan, juga dipamerkan beragam produk pangan Garut, mulai dari pertanian, Peternakan sampai industri olahan pangan yang sangat menarik.

Sebelumnya pada apel Gabungan yang diselenggarakan di lapangan Setda Kab. Garut dilakukan pemberian penghargaan kepada masyarakat yang telah menorehkan prestasinya dalam bidang Ketahanan Pangan. Dalam Apel tersebut Sekda juga mengungkapkan apresiasinya terhadap peran petani dalam menjaga ketahanan pangan. Karenanya layak jika petani dijadikan tema pada hari pangan kali ini yaitu “Pemberdayaan Petani Sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan”.

“Pemilihan Tema ini tidak terlepas dari kesadaran semua pihak bahwa peran petani dalam proses produksi pangan sangat signifikan, sehingga sepantasnya kita memberikan apresiasi kepada petani, yang secara konkrit telah berkontribusi terhadap penyediaan pangan kita. Di sisi lain upaya petani ini belum mendapat penghargaan pasar. Untuk itu perlunya kebijakan pemerintah yang lebih berpihak kepada petani dengan mendorong proses produksi lebih effisien, produk yang berkualitas, serta margin produksi yang lebih menguntungkan petani, sehingga memungkinkan kesejahteraan para petani meningkat,” papar Sekda dalam sambutanya.

Diantara penerima penghargaan tersebut berhasil menorehkan prestasinya dibidang pangan baik tingkat Provinsi sampai Nasional. Diantarnya Solihin dari Kec. Limbangan yang meraih juara ke I kontes Ternak Sapi Tingkat Provinsi, kemudian Kelompok Bina Insan Alam Lestari dari Kec. Karangpawitan yang menyabet juara ke I Pembudidayaan Ikan Hias Tingkat Provinsi dan Koperasi Padamukti dari Kec. Garut Kota yang masuk 30 besar Koperasi Award 2015 tingkat Nasional. (Syaiful Noor)
 
Top