GuidePedia

Karawang, Global Post - Guna Mensosialisasikan Produk Hukum Daerah Satpol PP menggelar Sosialisasi Penegakan Hukum Daerah Tahun 2015. Acara ini digelar, Senin (14/12) bertempat di Gedung Singaperbangsa Lantai III. 
 
Dalam kesempatan tersebut hadir sebagai peserta antara lain Asisten Daerah Setda Kabupaten Karawang, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD se Kabupaten Karawang, Camat, Lurah se-kab Karawang yang didaulat sebagai narasumber dari pihak Kejaksaan Negeri Kabupaten Karawang dan Polres Karawang, acara dibuka secara resmi oleh Sekda Kab Karawang H.Teddy Rusfendi mewakili Plt Bupati Karawang dr Cellica Nurrachadiana.

Dalam Sambutan tertulis nya Plt. Bupati Karawang yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Karawang H. Teddy Rusfendi menyatakan bahwa, Satuan Polisi Pamong Praja mempunyai tugas membantu Kepala Daerah untuk menciptakan suatu kondisi daerah yang tentram, tertib, dan teratur sehingga penyelenggaraan roda pemerintahan dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat dapat melakukan kegiatannya dengan aman.

Lebih lanjutia tambahkan,, “Keberhasilan penegakkan hukum daerah melalui tugas pokok dan fungsi pol pp sangat ditentukan oleh 4 faktor, yaitu : sosialisasi peraturan daerah yang komprehensif hingga ke tingkat masyarakat yang paling bawah, payung hukum yang jelas, kontinuitas penertiban, mentalitas dan keteladanan aparatur. Saya merasa optimis apabila 4 hal tersebut bisa dijalankan dengan benar dan profesional semata-mata untuk penegakkan peraturan daerah, insya allah upaya menjadikan kabupaten Karawang indah, tertib, aman dan bersih (interasih) akan mudah untuk diwujudkan. Untuk itu mari kita terapkan filosofi  penertiban dengan menggunakan prinsif 3 M, yaitu Mulai dari diri sendiri, Mulai dari yang kecil dan Mulai dari sekarang disertai kemampuan deteksi dini terhadap berbagai kemungkinan pelanggaran yang terjadi di masyarakat melalui  analisa kekuatan dan tantangan. Apabila hal tersebut bisa dilaksanakan dengan baik, polisi pamong praja kabupaten karawang akan senantiasa menjadi andalan dan tumpuan pemerintah daerah dalam upaya penegakkan peraturan daerah. Ungkapnya.

Sementara itu Ketua Panitia acara ini Kabid Gakda Satpol PP Agus Mufti Syarifudin menjelaskan, dalam kegiatan sosialisasi didasarkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Karawang No. 6 Tahun 2014 tentang organisasi perangkat daerah Kabupaten Karawang, Peraturan Bupati Karawang No. 23 Tahun 2013 tentang Pelimpahan Sebagian Urusan Pemerintahan dari Bupati Karawang Kepada Perangkat Daerah Kabupaten Karawang, dan Peraturan Bupati Karawang No. 69 Tahun 2015 tentang Rincian Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karawang. Maksud dan tujuannya adalah pelakasanaan tugas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karawang dalam penegakan Perda, meningkatkan citra dan wibawa penyelenggaraan Pemerintah Daerah, dan peningkatan pemahaman aparatur pemerintah tentang penegakan produk hukum daerah di Kabupaten Karawang. (Sent)
 
Top