GuidePedia

Bengkulu, Global Post - Piala penghargaan yang diterima Pemkot Bengkulu dari Kementerian Kesehatan RI yaitu Manggala Karya Bhakti Husada dan Swasti Saba Wiwerda, Sabtu pagi (28/11/15) diarak keliling Kota Bengkulu. Kedua piala yang dibawa langsung oleh Wakil Walikota Ir. Patriana Sosialinda didampingi asisten I Setda Kota Bengkulu, Forum Kota Sehat dan Kadis Kesehatan Kota Bengkulu, disambut oleh Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, FKPD, para pejabat eselon II, Ketua DPRD kota di Bandara Fatmawati Soerkarno.

"Terimakasih atas kerjasama semua pihak yang terkait dan partisipasi masyarakat Kota Bengkulu, akhirnya kita mendapatkan dua penghargaan di bidang kesehatan dari Menteri Kesehatan," ujar Wawali setiba di Bandara Fatmawati Soekarno.

Penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek dalam puncak Hari Kesehatan Nasional ke 51 pada Jumat malam (27/11/2015) di hotel Bidakara, Jakarta, merupakan apresiasi dari pemerintah pusat terhadap Kota Bengkulu yang memiliki perhatian khusus dan baik, serta berkontribusi besar terhadap program kesehatan.

"Yang menjadi indikator kita meraih penghargaan ini di antaranya kita sudah membangun Rumah Sakit Kota dengan dana APBD yang cukup besar. APDB untuk bidang kesehatan yang sudah mendekati angka 10 persen. Program Jemput Sakit Pulang Sehat, dan kita juga sudah memiliki Perda kawasan tanpa rokok, dan berbagai program di bidang kesehatan lainnya," ujar Wawali Patriana Sosialinda didampingi Kadis Kesehatan Herwan Antoni.

Sementara itu, usai disambut di ruang VVIP Bandara Fatmawati Soekarno. Dua penghargaan dari Kemenkes ini diarak keliling Kota Bengkulu menggunakan mobil. Satu piala dipegang oleh bujang gadis Kota Bengkulu, satu piala dipegang oleh forum kota sehat yang juga didampingi oleh Kadis Kesehatan. Piala diarak mulai dari bandara melintasi pagar dewa, KM.9, KM.8, simpang padang harapan, tanah patah, simpang skip, dan berakhir di stadion sawah lebar.

Ditempat terpisah, Forum Kota Sehat, Arifin Daud ketika diwawancarai usai menghadiri senam anti korupsi di Stadion Sawah Lebar, mengungkapkan penghargaan kota sehat terkhusus Swasti Saba Wiwerda akan terus dipertahankan. “Ini adalah prestasi bersama. Tanpa kebersamaan tidak mungkin kita mendapatkan penghargaan ini. Kita semua harus

berkomitmen, mari kita bangkitkan kebersamaan dan kekuatan. Eksekutif, legislatif dan masyarakat harus terus bekerjasama untuk mempertahankan penghargaan ini,” ujarnya. (Bambang)
 
Top