GuidePedia

Garut, Global Post - Ada yang berbeda yang dilakukan Bupati Garut Rudy Gunawan pada pelantikan pejabat eselon II dilingkungan Pemerintah Kabupaten Garut, Jumat (04/12/15) yang lalu. Walaupun yang dilantik empat orang, namun Bupati mengumpulkan seluruh pejabat mulai eselon II, III dan IV. Tidak ketinggalan para Camat juga hadir pada kesempatan tersebut.
Kalau biasanya hanya memberikan sambutan berikut ucapan selamat selepas pelantikan, kemarin Bupati mengabsen satu persatu dinas berikut dengan jajarannya. Selain mengecek kehadiran, Bupati menyampaikan rasa bangganya atas performent jajaran birokrasi yang menurutnya ada peningkatan dari sisi kinerja, walaupun masih banyak pula yang bolong bolongnya terutama dari segi kedisiplinan pegawai. Tidak hanya itu Bupati juga terus memompa semangat kerja pegawai dengan memberikan motivasi-motivasi.

“Beberapa waktu lalu kami melihat konsistensi pegawai sedikit menurun, apabila dilihat dari tingkat kehadiran. Namun demikian kami juga ucapkan banyak terima kasih atas berbagai peningkatan bidang pembangunan yang telah dilaksanakan yang menunjukan progrest baik, dan semangat itu harus terus ditingkatkan,” ujarnya.

Kepada seluruh pegawai yang hadir, Rudy Gunawan menegaskan, selaku aparatur birokrasi, saudara memiliki tanggung jawab berupa moral dan sosial. Pertanggungjawaban itu, hanya dapat diwujudkan dengan menunjukan kualitas kinerja, dan memberikan kualitas pelayanan yang semakin baik, semakin profesional dan semakin handal, yang pada akhirnya dapat memuaskan masyarakat, yang merupakan sasaran pengabdian aparatur birokrasi.

Sebagaimana kita ketahui bersama, tutur Rudy, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) kabupaten Garut tahun 2015 berkisar hanya 43 persen saja. Memang ada peningkatan dari tahun 2013 yang hanya berkisar di point 32 persen. Itu artinya ketidakpuasan terhadap kinerja birokrasi masih diatas 50 persen. Pada tahun 2016-2017 kita mentargetkan kepuasan masyarakat berada diatas 60 persen. Oleh karenanya fokus kita semua kedepan bagaimana terus melakukan upaya peningkatan berbagai pelayanan kepada masyarakat.

Berikut pejabat eselon II yang mengalami pergeseran tugas. Bupati menugaskan Budi Gan Gan yang semula sebagai Kepala Dinas Koperasi, BMT dan KUKM bergeser menjadi Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata. Bupati menilai Budi Gan Gan berdasarkan asesment yang telah dilalui dianggap mempunyai kecakapan untuk mengembangkan kepariwisataan Kabupaten Garut.

Sebagai gantinya, Bupati menugaskan Eko Yulianto yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelolaan pasar. Sementara itu tampuk pimpinan di Dinas Perindustrian, Perdagangan dan pengelolaan pasar dilanjutkan oleh Wawan Nurdin yang sebelumnya bertugas sebagai Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan.  Dan Mlenik Maumeriadi, sebelumnya sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan menggantikan Wawan Nurdin. (Syaiful Noor)
 
Top