GuidePedia

Depok, Global Post - Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Pasar (DKUP) Kota Depok, H. Achmad Kaprawi mengatakan gunanya kami menggelar D'Eksp ajang, gelar pameran promosi, pemasaran dan perdagangan para pelaku UMKM di Kota Depok. Acaranya  di gelar di lantai dasar Depok Town Scuare (Detos). Acaranya dibuka oleh walikota Depok Nur Mahmudi Ismail, ucapnya.
 
Menurut Kaprawi, ajang tersebut bisa juga dijadikan sebagai sarana para pelaku UMKM untuk mengukur  kualitas produk yang dibuat, apakah dapat diterima oleh pangsa pasar. Kegiatan ini disambut antusias oleh para pelaku UMKM karena bermanfaat sebagai sarana sosialisasi dan propaganda  positif bagi UMKM dan meningkatkan jiwa wirausaha, jelasnya.

Dikatakan Kaprawi, Tingkat penjualan di kegiatan ini cukup bagus. Berdasarkan laporan sementara, selama tiga hari pameran produk UMKM yang  di jual cukup laris. Secara keseluruhan, omset yang dihasilkan lebih dari Rp.75 juta, katanya.

Kepala Bidang Bina UMKM DKUP, Rina Fitriani menambahkan, kami merasa senang dan bangga dengan para penggiat UMKM. Terhitung pada hari pertama total penjualan yang berhasil terhimpun lebih dari 12 juta dan dihari kedua sebanyak Rp. 22 juta. Diperkirakan total perolehan penjualan di hari terahir melebihi hari pertama dan kedua. Hal tersebut membuktikan produk yang dipamerkan berkualitas dan layak dibeli, tegasnya.

Dikatakan Rina, pihaknya sangat antusias mempromosikan usaha dan produk lokal asal Kota Depok. Selalu mempromosikan produk UMKM Kota Depok sebagai oleh-oleh pada saat pulang ke kota asal kepada siapa saja. Rina berharap agar setelah berlangsungnya  pameran UMKM itu tidak berhenti sampai disini tapi berkelanjutan. Kepada para pelaku UMKM mengajak tiap konsumen untuk bisa tahu dan bagaimana proses usaha yang sudah dirintis untuk menciptakan puluhan  bahkan ratusan UMKM baru di Kota Depok, tuturnya.

Kepada Pemerintah Kota Depok, lanjut Rina, kedepannya agar tidak segan-segan mengajak para UMKM lokal ini untuk diikut sertakan dalam event pameran produk UMKM tingkat nasional. Lebih baik lagi ke ranah internasional, karena memang kulaitas produk-produknya bernilai tinggi, harapnya.

Ditambahkan Rina, selain para pengunjung Detos dipuaskan dengan produk UMKM Depok, juga panitia memberikan beragam acara hiburan untuk menambah kemeriahan acara, yakni penampilan musik apik yang dibawakan oleh Mesakh and Friend yang juga salah satu PNS Kota Depok. Selain itu ada juga pertunjukan akustis dari Gkustik, Beathox, Depok Star Crew, talkshow, promo bisnis dengan nara sumber tingkat nasional. Masih ada acara lagi yakni bermacam lomba, lomba mewarnai yang diikuti oleh 100 peserta, lomba poco-poco peserta delapan grup, pungkasnya. (Jopi) 
 
Top