GuidePedia

Nunukan, Global Post - Sebanyak 170 Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Nomor 003 dari kelas VI yang beralamat di jalan Bhayangkara, Kelurahan Nunukan Barat, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan - Kalimantan Utara melaksanakan wisata study dengan mengunjungi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nunukan di jalan Ujang Dewa, kecamatan Nunukan Selatan dalam rangka proses pembelajaran diluar lingkungan sekolah. Kunjungan para siswa SDN 003 tersebut diterima langsung oleh Ketua DPRD Nunukan H. Danni Iskandar, Ketua Komisi II Muhammad Nasir, beserta anggota DPRD yakni, H. Andi Mutamir dan Andi Krislina.

Selain itu, hadir juga Sekretaris DPRD Nunukan Hasriansyah beserta staf dan para siswa siswi SDN:003 tersebut  kemudian diarahkan masuk keruang Paripurna DPRD Nunukan dan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang tugas dan fungsi DPRD, serta anggota DPRD Nunukan periode 2014 - 2019 yang dibawakan oleh Kasubag Protokol Sekwan Ilham Bahar. Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab antara murid dengan anggota DPRD yang hadir dan staf Sekwan. Hampir semua pertanyaan dari anak kelas VI SDN. 003 berkaitan dengan pekerjaan yang dilakukan oleh DPRD, kemudian bagaimana dengan proses persidangan dan sidang apa saja yang biasa dilakukan diruang paripurna.

Disamping itu mereka juga bertanya tentang berapa kali rapat paripurna digelar dan berapa sudah Peraturan Daerah yang disetujui. Satu persatu pertanyaan itu dijawab secara bergantian mulai dari Ketua DPRD, anggota DPRD yang hadir dan staf Sekwan yang membidangi.

Setelah hampir 1 jam berada diruang paripurna, anak - anak ini kembali dibawa berkeliling memasuki ruangan mulai dari ruang Ketua, Wakil dan anggota serta ruangan Sekretariat yang ada dilantai 1 dan lantai 2. Usai berkeliling, akhirnya rombongan anak SD ini kembali ke sekolah mereka di jalan Bhayangkara.

Kepala Sekolah SDN:003 Nunukan Hj. Najemawati mengatakan, materi wisata kunjungan hari ini berkaitan dengan lembaga legislatif yang merupakan tempat wakil rakyat berkumpul dan menerima aspirasi masyarakat. “Hal ini penting dilakukan karena menyangkut persiapan ujian anak - anak kelas VI dimana materinya banyak berkaitan dengan dunia parlemen. Apalagi di Kabupaten Nunukan ini, anak - anak banyak tidak tahu tentang struktur DPRD dan wakil rakyatnya sehingga fokusnya untuk murid kelas VI. Dalam kunjungan hari ini, menjadi penekanan bahwa anak - anak ini harus mengenal dan mengetahui letak kantor dewan, siapa saja anggota dewannya, ada apa saja dan sebagainya. Syukur  kami bisa diberi kesempatan untuk masuk keruang paripurna ini tentu menjadi kebanggaan bagi Anak-anak,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubag Protokol DPRD Nunukan Ilham Bahar menyampaikan materi kepada Murid SDN:003 Nunukan, penekanan kami kepada anak didik bahwa materi yang diterima disini sekiranya dibawa pulang dan dilaporkan kepada orang tua sehingga mengetahui ini yang dipelajari anak mereka. Jadi kegiatan belajar itu bukan hanya dilingkungan sekolah saja, tapi diluar sekolah juga bisa terutama kantor pemerintahan di Nunukan, artinya belajar dengan cara berwisata.

Hj. Najemawati selaku Kepala Sekolah SDN:003 berharap, ke depan kegiatan wisata study yang dilakukan ini bukan hanya untuk dua kelas saja tetapi akan melibatkan semua kelas dari kelas I sampai kelas IV. Karena anak - anak dibawah mereka sudah mulai banyak bertanya kepada gurunya kapan bisa jalan - jalan keluar sekolah. Tentunya kegiatan ini akan terus berksinambungan, bukan berarti hari ini saja, tetapi menjadi program tahunan untuk SDN 003 Nunukan,” ujarnya. (RDM/GP)
 
Top