GuidePedia

I.Latar Belakang
Pada tahun 2013, Presiden Republik Indonesia menetapkan 8 November sebagai Hari Tata Ruang Nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 28 Tahun 2013 tentang Hari Tata Ruang Nasional. Dasar pertimbangan terbitnya keppres ini adalah wujud komitmen formal negara untuk secara terus menerus meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat di bidang penataan ruang. Selain itu, peringatan Hari Tata Ruang Nasional juga menjadi momentum meningkatkan keterpaduan antarwilayah, antarsektor dan antar pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan penataan ruang untuk mewujudkan ruang nusantara yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan.

Pada tahun 2014 Dinas Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Bogor menyelenggarakan peringatan hari Tata Ruang Nasional dengan tema utama ruang terbuka hijau.

Permasalahan penataan ruang di Kabupaten Bogor secara umum adalah belum terpadunya perencanaan antar sektor serta belum terakomodasinya peran serta masyarakat dalam proses perencanaan tata ruang secara formal. Selain itu ada keinginan yang kuat dari pemerintah Kabupaten Bogor untuk mempercepat pembangunan di Kota Cibinong agar dapat mensejajarkan diri dengan kota kota seputar ibukota Jakarta.

II. Maksud dan Tujuan

Kegiatan Tata Ruang Expo diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap tata ruang. Kegiatan ini juga diselenggarakan sebagai bagian dari perayaan Hari Tata Ruang Nasional yang telah ditetapkan setiap tanggal 8 Nopember. Kegiatan pada tahun ini mengambil tema “Bersama menata ruang untuk semua” yang mengedepankan aspek kebersamaan dan kerjasama antar sektor dan antar pemangku kepentingan untuk secara bersama sama melaksanakan penataan ruang. Fokus juga diberikan kepada percepatan pembangunan Kota Cibinong.

III. Rangkaian Kegiatan

Rangkaian kegiatan tata ruang expo tahun 2015 adalah sebagai berikut :

A. Seminar

Seminar diselenggarakan sebanyak 2 kali dengan mengetengahkan pembahasan terhadap 2 sektor penting dalam perkembangan Kota Cibinong yaitu perumahan dan industri.
1.Seminar Perumahan dengan tema “Konsep dan Model Pengembangan Perumahan di Cibinong dan Cibinong Raya”

(diselenggarakan pada tanggal 21 Oktober 2015 bertempat di Gedung Serba Guna I Sekretariat Derah Kabupaten Bogor menghadirkan narasumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi). Peserta hadir dari para pengembang perumahan sekitar cibinong raya, skpd terkait dan unsur kecamatan). Beberapa kesimpulan yang dapat diambil antara lain Pembangunan perumahan harus mulai beralih menjadi perumahan vertikal, penyediaan fasos fasum yang memadai serta integrasi jaringan infrastruktur. Selain itu juga perlu penyusunan aturan pelengkap dan makanisme perizinan.

2.Seminar Industri dengan tema “Konsep dan Model Pengembangan Industri di Cibinong dan Cibinong Raya”

(diselenggarakan pada tanggal 4 Nopember 2015 bertempat di Gedung Pusdai Kabupaten Bogor menghadirkan narasumber dari Kementerian Perindustrian dan Kamar Dagang dan Industri Industri. Peserta hadir dari para pengusaha industri sekitar cibinong raya, skpd terkait dan unsur kecamatan). Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa industri baru harus berlokasi di kawasan industri dan pemerintah harus memfasilitasi pengadaan kawasan industri. Kegiatan industri di Cibinong tidak mungkin dikembangkan dari sisi luasan tetapi terbatas pada lokasi eksisting industri dan diharapkan dapat bertransformasi menjadi industri yang lebih ramah lingkungan.

B.Pameran Tata Ruang

(Peserta Dinas Tata Ruang dan Pertanahan, Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Bogor, PT. Pasar Tohaga, PT. Sentul City, Komite Nasional Pemuda Indonesia, PT. Bogorindo Cemerlang/ PT. Sentul Development, Taman Safari Indonesia, Tridaya Batik Kabupaten Bogor, Yayasan Nusa Tani (Bank Sampah), diselenggarakan pada tanggal 9-10 Nopember 2015 bertempat di Cibinong City Mall).

C.Talkshow

(Tema yang diusung “Mewujudkan Peran dan Fungsi Cibinong dalam konteks regional, Tinjauan Potensi dan Kendala”diselenggarakan pada tanggal 10 Nopember 2015 bertempat di Cibinong City Mall menghadirkan Bupati Bogor, DR.Yayat Supriatna, DR. Janthy T. Hidayat, Kepala Dinas Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Bogor dengan pemandu Ajat R Jatnika, ST, MSi.). Bupati pada acara talkshow ini berharap dan berkeinginan bahwa Cibinong dapat berperan sebagai magnet bagi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bogor yang dapat dikembangkan sebagai pusat kegiatan wilayah yang didukung dengan infrastruktur yang memadai. Beberapa upaya yang dilakukan antara lain : Pembangunan Jalan Tegar Beriman yang akan menghubungkan Jalan Raya Bogor-Jakarta dengan Jalan Raya Parung, Pembangunan GOR Pakansari dengan kapasitas 30.000 tempat duduk berstandar internasional, pengembangan konsep “Setu Front City” untuk memaksimalkan potensi setu yang ada di Cibinong, selain itu dilakukan upaya perbaikan mekanisme investasi agar Kabupaten Bogor menjadi “ramah investasi”. DR Yayat Supriatna mengemukakan bahwa agar Cibinong mampu bersaing dengan wilayah sekitarnya maka harus memiliki produk unggulan dan dukungan infrastruktur yang terkoneksi dengan baik. Selain itu perlu juga upaya promosi dan penguatan kerjasama antar berbagai pemangku kepentingan.

D.Lomba – Lomba

1.Lomba Desain Elemen Kota Cibinong Tingkat Umum/Profesional

Juri terdiri dari akademisi dari Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan Institut  Teknologi Bandung.

2.Lomba Desain Elemen Kota Cibinong Tingkat Mahasiswa
Juri terdiri dari Akademisi Departemen Arsitektur Lansekap Institut Pertanian Bogor dan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Pakuan.
3.Lomba Karya Tulis Tingkat SMA/SMK/Sederajat
Juri terdiri dari Dosen Bahasa Indonesia Institut Pertanian Bogor dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Telah terdaftar 20 peserta dari siswa SMA/ sederajat Kabupaten dan Kota Bogor. Pemenang perlombaan adalah Juara I Sherina Friskilla Nurtiara dan Mutia Aisyah Putri dari SMAN 2 Cibinong, Juara II Lailatul Qomariah, Aulia Rahmawati, Rista Yuniar dari SMAN 2 Cibinong serta Juara III Dhea Rizky, Fauziannisa Pradana Putri dari SMAN 1 Jasinga.

4.Lomba Menggambar Tingkat SD

Juri terdiri dari staf pengajar Mentari Drawing Course serta Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Telah terdaftar 60 orang peserta. Lomba dilaksanakan di Cibinong City Mall pada tanggal 9 Nopember 2015 jam 10.00. Pemenang Perlombaan adalah Juara I Dionie Nasywa Adhea (SDN Ciriung 2 Cibinong), Juara II Marva Alzena (SDN Cilendek 1 Bogor), Juara III Dzakiya Putri Amalia (SDN Cibuluh 1 Bogor), Juara Harapan I Nasywa Alifah Maulana (SDN Semeru I Bogor), Juara Harapan II Risma Mautia (SDN Cilendek I), Juara Harapan III Malecha Mutyoro (SDN Cipayung I Cibinong).

5.Lomba Mewarnai Tingkat TK

Juri terdiri dari staf pengajar Mentari Drawing Course serta PKK Kabupaten Bogor. Telah terdaftar 120 orang peserta. Lomba dilaksanakan di Cibinong City Mall pada tanggal 9 Nopember 2015 jam 10.00.Pemenang perlombaan adalah Juara I Zulfah Salsabila (TK Islam Ibnu Hajar Bogor), Juara II Nasya Aisyah (RA Annawawi Cibinong), Juara III Almira Cordelia Panduwangi (TK KEsatuan Bogor), Juara Harapan I Mirza M Rahman (TK Al Falah Cibinong), Juara Harapan II Diva Carissa Zahira (TK Widya Pelangi Jakarta), Juara Harapan III Eardian Ronaldoes Putra Wijayanto (TK Lemuel I Jakarta). (Dr/Adv)
 
Top