GuidePedia

Karimun, Global  Post - Keluarga Besar pomparan Borsak mengatasi Nababan anak, boru, bere, ibebere Se-Tanjung Balai Karimun mengadakan pesta perak serta doa bersama serta pendekatan diri kepada Tuhan yang maha kuasa.

Suasana keceriaan dan rasa kekeluargaan yang tinggi tampak diwajah sesama pomparan Borsak mengatasi Nababan disaat berjabat tangan dengan para marga Nababan, ”Horas” itulah kata-kata yang terucap seakan-akan mengharapkan agar pomparan marga Nababan semakin maju kedepannya dan menemukan harapan dan cita-cita kebersaamaan seperti yang diharapkan para nenek moyang marga Nababan pada zaman dahulu.

Sebelum tepat waktu yang ditentukan, para tamu undangan dari utusan Toga Sihombing serta utusan dari Borsak masing-masing dan undangan padan yaitu Sitorus. Membuat suasana sopo godang HKBP menjadi ramai dan meriah, Selasa (13/10) lalu.

Acara pertangiangan pomparan Borsak mengatasi Nababan ini diawali dengan kebaktian yang dipimpin oleh Pdt Silaen Sth dan mengambil Tema kebaktian dari Kolose 2:6 “onpe, songon panjangkonmuna di kristus jesus, tuhan I, songon I mahamu marparange dibagasan ibana, togu marhaporseaon, hombar tuna niajarhon tu hamuna, lumobi ma hamu maroha, Amen. Sebagai ini dan makna partangiangan pomparan Borsak mengatasi Nababan sekaligus mengamanatkan dalam kotbah singkatnya agar mengharapkan adanya perubahan sikap dan perilaku bagi seluruh pomparan Borsak mengatasi serta membangun semangat yang baru yang dilandasi doa serta pendekatan diri kepada Tuhan.

Usai ibadah dilanjutkan pembacaan sejarah asal mulanya pertangiangan Borsak mengatasi Nababan di bonapasongit yang dibacakan oleh G. Nababan (pak juster) diantaranya ; 1. Partangiangan pomparan Borsak mengatasi Nababan yang didirikan nenek moyang dulu pada tahun 1955 merupakan suatu perkumpulan yang dibangun dengan kebersamaan yang dilandasi tangisan dan air mata akan keadaan yang terjadi pada marga Nababan.

2. Pada tahun 1990 diikuti/didirikan di Karimun partangiangan pomparan Borsak mengatasi Nababan sebagai pendiri/pengagas  ada Tiga yaitu, G. Nababan/Br. Tobing(jaksa) Rustam Br. Sihombing (opung medina) Victor Nababan/Br Juntak.

3. Dengan yang pertama dikukuhkan pada tahun 1990 bertempat dikampung harapan di rumah Rustam Br Sihombing (opung medina) dari mulai pengukuhan partangiangan pomparan Borsak mengatasi Nababan sampai saat ini sudah berjalan 25 Tahun Di Karimun. Dengan setiap Tahunya tetap hari tanggal 13-10 dilaksanakan di Tanjung Balai Karimun, selanjutnya untuk mengisi acara Tor-Tor yang diiringi musik yang dimulai dari Tua gondang, tor-tor pengurus, hula-hula, tor-tor undangan toga Sihombing, pengurus, serta utusan masing-masing Borsak tor-tor boru, Bere, ibebere,serta penyerahan sebanyak 17 ulos Batak yang berlambang Borsak mengatasi Nababan yang sudah disiapkan bagi yang memesan dimulai dari hula-hula, Boru, Bere, ibebere. (Rn-Hez)
 
Top