GuidePedia

Nunukan,Global Post - Pihak Kantor Imigrasi Klas II Kabupaten Nunukan-Kalimantan Utara(Kaltara)sampai saat ini tidak pernah menerbitkan Dokumen Pasport untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI ).Sampai saat ini kita belum pernah mengeluarkan dokumen pasport untuk TKI. Program kemudahan pembuatan pasport saat ini menjadikan masyarakat bisa mencetak di kantor Imigrasi mana saja asalkan memiliki KTP, KK dan Akte Lahir.Hal ini dikatakan oleh  Kepala Kantor Imigrasi Nunukan, I Nyoman Surya Mataramkepada wartawan belum lama ini.

Menurut kepala kantor Imigrasi Nunukan menjelaskan, dalam Tahun 2015 ini diperkirakan sudah sekitar 16.000 pasport yang diterbitkan, semuanya merupakan pasport biasa,dan untuk pengurusan pasport TKI adalah sama dengan pengurusan pasport WNI pada umumnya, perbedaannya hanya terletak pada siapa pihak pemberi rekomendasi pembuatan pasport saja. ''Kalau calon TKI harus melampirkan rekomendasi dari Dinsosnakertrans atau BP3TKI setempat,” terangnya.

Masih menurut kepala kantor imigrasi, I Nyoman Surya Matarambahwa,selama ini di Nunukan tidak ada Warga Negara Indonesia(WNI) yang membuat pasport dengan melampirkan rekomendasi dari instansi terkait,karena sebenarnya pasport itu jenisnya hanya satu,adapun tentang penyebutan pasport dengan banyak nama dan jenis hanya kebiasaan dan istilah dari masyarakat saja,” jelasnya.

Ia menambahkan, tidak ada perbedaan bentuk fisik dari pasport TKI atau pasport biasa, perbedaan paling mendasar terletak pada Visa yang menyertai pasport yang dimiliki dimana visa tersebut menjelaskan tujuan kepemilikan pasport entah untuk tujuan Haji, melawat atau bekerja,yang menentukan pasport Haji,pasport melawat visa yang dipake,”tambahnya.(RDM/GP)
 
Top