GuidePedia

Jakarta, Global Post - Wali Kota Jakarta Barat, Anas Efendi menyalurkan santunan zakat, infak dan sedekah (ZIS) sebesar Rp 3,2 miliar untuk 5.000 mustahik di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Selasa (3/11). Pemberian santunan ini dalam rangka kegiatan Gema Muharram 1437 H/2015.

Turut hadir dalam acara yang rutin digelar setiap tahunnya yakni Asisten Kesejahteraan Masyarakat (Askesmas) DKI Jakarta, Fatahillah, para pejabat Pemkot Administrasi Jakarta Barat, Camat, lurah serta tokoh masyarakat lainnya.

“Saya menyampaikan ucapan selamat dari Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atas pemberian santunan kepada para mustahik di Jakarta Barat,” kata Fatahillah.

Fatahillah mengatakan, Gubernur DKI berpesan kepada para pimpinan wilayah, terutama Wali Kota untuk selalu memberikan informasi mengenai situasi dan kondisi saat ini.

“Semoga santunan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sementara kepada mereka yang memiliki kemampuan untuk selalu meningkatkan ibadah serta memperbanyak amal dan sedekahnya," ujar Fatahillah.

Sementara itu, Anas Efendi mengimbau warga Jakarta Barat untuk menyalurkan ZIS melalui Badan Amil Zakat dan Sedekah (Bazis) yang selanjutnya akan dikembalikan kepada masyarakat yang berhak.

"Jadi sekitar 5.000 mustahik yang mendapatkan santunan dari para pengusaha, pejabat dan sebagainya, maka itu ada hak orang lain," tutur Anas.

Kepala Kantor Bazis Jakarta Barat, Jamhuri menambahkan, 5.000 mustahik penerima santunan itu diantaranya 936 guru ngaji, 463 guru honorer, 900 anak yatim, 600 kaum dhuafa, 750 siswa SMP dan SMA sebanyak.

Jamhuri mengungkapkan, pihaknya juga memberikan pembinaan dan pelatihan bagi para mustahik. “Keterampilan yang diberikan diantaranya menjahit untuk 40 orang, pemulasaran (mengurus) jenazah 40 orang, dan pembuatan SIM C 70 orang,” paparnya. (Iqbal)
 
Top