GuidePedia

Nunukan, Global Post - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara Drs. Tommy Harun, M.Si kepada wartawan belum  lama ini mengaku optimistis Pemerintah Kabupaten Nunukan  dapat menyelesaikan berbagai program pembangunan yang menjadi prioritas dalam Tahun 2015 ini, meskipun sudah mendekati ujung tahun anggaran dan menyisakan tak lebih dari 1 setengah bulan lagi.

Dikatakan Tommy Harun, sebenarnya yang disahkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nunukan pada bulan Oktober lalu, lebih banyak untuk anggaran perubahan saja, seperti ada penganggaran yang tidak sesuai termasuk adanya penambahan program pembangunan. Dengan waktu pelaksanaan pekerjaan yang hanya tersisa kurang lebih 1 bulan,  namun Tommy Harun yakin bisa mencapai target antara 80 hingga 85 persen untuk penyerapannya hingga tutup anggaran.

Masih menurut Tommy Harun, dana yang tidak terserap karena faktor sudah dilelang secara keuangan dibawah harga, dan program yang memang tidak terlaksana karena terhalang dengan pembebasan lahan dan tidak memenuhi persyaratan peserta lelang. “Untuk pekerjaan lelang itu sudah diperhitungkan dan bisa terlaksana dengan tepat waktu,” terangnya.

Lebih lanjut dipaparkan Sekda Kabupaten Nunukanini, bahwa banyaknya pekerjaan dimasing–masing SKPD, dirinya menghimbau kepada setiap pimpinan SKPD agar melaksanakan tugas masing–masing sesuai aturan dan waktu pekerjaan. Saat ini sedang berjalan pekerjaannya meskipun masih ada dibawah 60 persen, namun Ia optimis bisa tercapai dan bisa menyelesaikannya tepat waktu, ujarnya.

Ditambahkan Tommy Harun, saat ini kegiatan pembangunan sedang berjalan, ada  serapan SKPD yang masih dibawah 60 persen, tapi jika mendekati tutup anggaran, maka mereka akan menyelesaikan pekerjaan dan melaporkan hasilnya karena saat ini ada penilaian kinerja bagi kepala SKPD. Hal tersebut, untuk mengevaluasi kinerja SKPD, jika pencapaian SKPD di bawah target, maka akan menjadi tolak ukur kinerja kepala SKPD yang bersangkutan,” pungkasnya. (RDM/GP)
 
Top