GuidePedia

Bandung, Global Post - Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat dipimpin Wakil Ketua Komisi Dady Rohanadi menerima kunjungan Komisi IV DPR Papua, yang melakukan kunjungan terkait persiapan Papua sebagai penyelenggara PON Tahun 2020 mendatang, Senin (12/10).

Pada kunjungan tersebut, Komisi IV DPR Papua yang dipimpin oleh Ketua Komisi IV Boy Marcus Dawir mengemukakan keinginannya untuk mengetahui langkah-langkah dan informasi  terkait dukungan DPRD Provinsi Jawa Barat dalam penyelenggaraan PON XIX Tahun 2016 nanti.

“Provinsi Jawa Barat menjadi penyelenggara PON XIX Tahun 2016 nanti, kami ingin mengetahui informasi sejauh mana langkah dan dukungan DPRD Provinsi Jawa Barat dalam mensukseskan PON,” tanyanya.

Menjawab pertanyaan tersebut, sebagaimana dikemukakan oleh Dady yang dilakukan oleh DPRD adalah sesuai dengan yang menjadi kewenangan DPRD yaitu dalam hal legislasi, penganggaran dan pengawasan. “Kami di Komisi IV khususnya melakukan pengawasan terhadap pembangunan infrastruktur venue-venue PON yang tersebar di 15 kab/kota di Jawa Barat,” katanya.

Menanggapi pertanyaan dari DPR Papua terkait penetapan kab/kota yang menjadi tempat pelaksanaan cabor, menurut Dady penetapan 15 kab/kota sebagai tempat penyelenggaran cabang olah raga, salah satu pertimbangannya adalah kontribusi daerah tersebut terhadap prestasi cabor Jawa Barat. “Contohnya kami membangun venue tinju, karena Sukabumi menjadi gudang atlet cabor tinju di Jawa Barat,” ujarnya.

Sementara itu terkait pembangunan infrastruktur dijelaskan Dady bersama Anggota Komisi IV, Lucky Trenggana, Jawa Barat tidak sepenuhnya membangun venue baru. Menurut Daddy, untuk penyelenggaraan PON XIX Pemprov Jawa Barat lebih banyak memanfaatkan serta memperbaiki venue-venue yang sudah ada  di 15 kab/kota tadi. Pembangunan dilakukan oleh OPD terkait seperti Dinas Kimrum.

“Anggarannya  hanya sekitar 1 trilyun lebih, beda jauh dengan Provinsi Papua yang mencapai sekitar 9 trilyun sehingga bisa membangun venue-venue yang baru,” demikian lanjut Daddy.

DPR Papua sebagaimana dikemukakan Boy Marcus mengharapkan penyelenggaraan PON di Jabar bisa berlangsung sukses, sehingga Papua bisa belajar dari kesuksesan Jabar dan penyelenggaraan PON tahun 2020 nanti bisa sukses pula. (Herman. S)
 
Top