GuidePedia

Subang, Global Post - Dinas Tata Ruang, Pemukiman dan Kebersihan (Tarkimsih) Subang pada tahun ini melakukan pembenahan sejumlah titik taman di Subang Kota. Untuk proyek itu, pemerintah merogoh Rp 6 miliar.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan Tarkimsih Tian Muhardianto mengatakan anggaran sebesar Rp 6 miliar itu guna pembenahan 10 titik di Subang Kota. Dari 10 titik itu, lima diantaranya adalah proses lelang dan sisanya penunjukkan.

Untuk lima proses lelang, berada di lapangan alun-alun, jalan Kertawigenda, Terminal, pagar seksi pertamanan di Jl. Pasir Kareumbi dan Ranggawulung. Sementara proyek penunjukkan berada di daerah Pujasera, Soklat, tugu tani dan lampu satu. "Anggaran Rp 6 miliar itu disebar di 10 titik," kata Tian Muhardianto kepada Global Post, Kamis (15/10/2015).

Lebih mendetail Tian katakan, anggaran untuk pembenahan di lapangan alun-alun sebesar Rp 2,5 miliar, jalan Kertawigenda Rp 500 juta, terminal Rp 400 juta, pagar seksi pertamanan di Jl. Pasir Kareumbi Rp 400 ribu dan proyek di Jl. Ranggawulung Rp1 miliar.

Sementara proyek di daerah Pujasera, Soklat, dan lampu satu masing-masing Rp 200 juta serta di tugu satu Rp150 juta. "Pengerjaannya sudah sekitaran 50%. Tahun ini insya Allah tuntas. Kecuali untuk alun-alun akan dilanjut tahun depan," jelasnya.

Seperti diutarakan Tian, ada dua dua lokasi yang terjadi perubahan dari konsep awal. Untuk taman di alun-alun, lebar joging track yang semula hanya 2 meter, sekarang menjadi 4 meter. Sementara proyek di Jl. Kertawigenda, yang semula full beton, sekarang menggunakan batu bata. "Ini karena anggaran dan disesuaikan dengan kebutuhan. Semuanya hasil kesepakatan," jelasnya. (Herpan)
 
Top