GuidePedia

Kab. Kediri, Global Post
Bertempat di Convention Hall area Monumen Simpang Lima Gumul (SLG), acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Kediri Hariyanti Sutrisno, Wakil Bupati Kediri, Masykuri dan jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpinda) Kabupaten Kediri, Sekretaris Daerah dan Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Kediri, Rosyidah Masykuri. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, seluruh kepala SKPD dan Camat se-Kabupaten Kediri serta kepala desa.

Bupati Kediri, Hariyanti Sutrisno, dalam sambutanya menyatakan, rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pelakasanaan pembangunan. Sebab tanpa dukungan semua pihak, termasuk masyarakat, proses pembangunan tidak bisa berjalan maksimal.

Pemerintah Kabupaten Kediri mencanangkan Bulan Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XII dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-43 tahun 2015. BBGRM XII dan HKG kali ini mengambil tema “Dengan Semangat Gotong Royong Masyarakat dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Kita Gelorakan Semangat Kerja Menuju Kabupaten Kediri yang Mandiri Dan Sejahtera”.
Lebih lanjut Bupati menyatakan, untuk kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, diperlukan rasa saling memiliki dan menghargai pada seluruh masyarakat dan semua pihak. Hingga tercipta rasa kebersamaan serta saling membantu dalam proses pembangunan. Hal itu diwujudkan dalam semangat gotong royong sebagaimana yang dicanangkan.
“Nilai gotong royong merupakan nilai yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai bagian dari sistim nilai budaya bangsa yang perlu dilestarikan.  Hal itu guna memperkokoh negara kesatuan republik Indonesia,” tegas Bupati dalam sambutanya. Kamis, (11/06).

Dalam acara tersebut diberikan penghargaan dan hadiah bagi pemenang Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tahun 2015 yaitu Desa Puhjarak, Kecamatan Plemahan. Peraih juara Lomba Desa Peduli Keluarga Tingkat Kabupaten Kediri tahun 2015, yaitu Desa Jugo Kecamatan Mojo. Pemenang seleksi Kader PKK Desa/Kelurahan atas nama Nanik Hidayati dari Desa Mranggen, Kecamatan Purwoasri. Juara pertama Lomba Gembira Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Jatim tahun 2015 atas nama Hermin Triyati dari Desa Wates, Kecamatan Pagu.
Disampaikan pula dalam sela acara pemberian bantuan pemerintah berupa peralatan pengolahan kerajinan serat nanas dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jatim untuk Kelompok tani Langgeng Mulyo Desa Ngancar, Kecamatan Ngancar. Bantuan mesin pembuat tepung umbi-umbian untuk TP PKK Desa Tambibendo, Kecamatan Mojo.

Bantuan Hibah Koperasi Wanita Perkasa dari Kementrian Koperasi dan UKM RI untuk Koperasi Wanita Prima Sejahtera, Desa Puncu, Kecamatan Puncu. Bantuan alat pengolah pupuk organik bagi jaringan petani pembuat dan pemakai pupuk organik dari Dinas Pertanian Jawa Timur. Bantuan pompa air bagi Kelompok Tani dari Dinas Pertanian Provinsi Jatim sebanyak 11 buah. Bantuan kursi roda bagi penyandang cacat dari Dinas Sosial Kabupaten Kediri.

Turut serta memeriahkan Pencanangan Nasional BBGRM dan HKG PKK tahun ini, di halaman parkir Convention Hall SLG, tepatnya sepanjang jalan disebelah selatan gedung, Pameran Produk Unggulan UMKM Kabupaten Kediri. Pameran diikuti 30 stand UMKM dari seluruh Kecamatan Kabupaten Kediri, Pameran yang digelar selama tiga hari itu masyarakat disuguhkan produk unggulan UMKM.

Sementara, ketua PKK Kabupaten Kediri, Rosyidah Masykuri mengatakan, HKG PKK  ke-43 harus dimaknai sebagai langkah untuk memberdayakan masyarakat melalui 10 program pokok PKK dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sebab menurutnya, selama ini 10 program pokok PKK terbukti menjadi gerakan yang efektif untuk peningkatan kesejahteraan keluarga. “Pemberdayaan memang harus dimulai dari lingkup terkecil masyarakat, yakni keluarga,” ujarnya.

Rosyidah Masykuri meminta, peringatan HKG ke-43 tidak dipahami hanya untuk menciptakan kemeriahan sesaat semata. Namun lebih pada memberikan makna rasa syukur atas kiprah dan karya nyata PKK selama ini. “Sebagai mitra pemerintah, PKK memberikan dukungan sepenuhnya terhadap program pembangunan dan upaya mewujudkan kesejahteraan keluarga Indonesia,” jelas Rosyidah Masykuri. (mbang/humas)
 
Top