GuidePedia

Bogor, Global Post
Masyarakat di Wilayah TPA Galuga, Kini sudah dapat menikmati layanan air bersih dan sehat, karena Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bogor telah membangun jaringan air bersih yang dikelola oleh PDAM Kabupaten Bogor untuk melayani  masyarakat sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Galuga Kecamatan Cibungbulang.

Hingga saat ini jaringan perpipaan air bersih telah mencakup 3 Desa yaitu Desa Cijujung, Desa Dukuh dan Desa Galuga walaupun belum seluruh masyarakat ketiga desa tersebut menikmati pelayanan air bersih, namun pengguna air bersih melalui jaringan perpipaan air bersih ini meningkat secara signifikan,  hingga saat ini masyarakat yang menerima pelayanan telah mencapai 500 Rumah yang terdiri dari 3 Tahap, Tahap 1 yang dilaksanakan pada Tahun anggaran 2014 sejumlah 200 Rumah, Tahap kedua pada tahun anggaran 2014. 150 Rumah dan Tahap ketiga tahun anggaran 2015 sejumlah 150 Rumah.

Program Sambungan Rumah ini merupakan bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mengentaskan daearah Rawan Air Bersih, menurut Kadis DKP HM. Subaweh, masyarakat di wilayah kecamatan Cibungbulang  yang terdapat di dekat wilayah TPA Galuga menjadi prioritas awal, karena wilayah tersebut masyarakatnya sebagian besar berpenghasilan dari bisnis atau usaha yang berbahan Sampah.

Hal ini yang menjadikan wilayah tersebut perlu bantuan (subsidi) untuk akses air bersih yang sehat, karena dilihat tingkat ekonomi masyarakat di daerah TPA tersebut yang masih berpenghasilan Rendah (MBR).

Hal senada juga disampaikan oleh Kabid Sanitasi L ingkungan DKP Drs. Arya Bhakti Pemerintah kabupaten Bogor Sangat mengharapkan wilayah Kab. Bogor terbebas dari Sanitasi buruk. Oleh karena itu melalui program ini DKP dan PDAM bekerja keras untuk mewujudkannya,  sehingga melalui program air bersih masyarakat di Kabupaten Bogor pada umumnya dan diwilayah TPA Galuga Pada Khususnya dapat hidup sesuai dengan standar sehat.

Adapun komentar dari Saepudin warga Desa Cijujung Kec. Cibungbulang Kab. Bogor dengan adanya subsidi bantuan pemasangan air bersih dari DKP dan PDAM kerumah – rumah warga yang tidak mampu diwilayah desa Cijujung sangat membantu masyarakat yang dulunya susah untuk mendapatkan air bersih, bahkan harus membeli air ke tukang air keliling. Sekarangsudah tidak repot lagi karena air sudah mengalir langsung kerumah, sehingga masyarakat sudah tidak kesusahan air bersih lagi. (Dauri/Sopri)
 
Top