GuidePedia


Malang, Global Post
Secara teknokratis, bahwa pembangunan pada umumnya dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, dan demikian pula manajemen pembangunan di Kabupaten Malang. Oleh karena itu, sebagai sistem pembangunan maka proses dan siklusnya dimulai dari sub-sistem pengelolaan data dan informasi, sub-sistem perencanaan dan penganggaran, pengorganisasian dan pelaksanaan pembangunan, sub-sistem pengendalian pembangunan, sub-sistem monitoring dan evaluasi pembangunan, pelaporan serta pertanggungjawaban hasil pelaksanaan pembangunan yang salah satunya terwujud dalam LKPJ ini.

LKPJ Kepala Daerah Kabupaten Malang tahun 2014 adalah LKPJ tahun keempat periode pemerintahan Kepala Daerah Kabupaten Malang tahun 2010 sampai dengan 2015, yang berisi penjabaran hasil kinerja pembangunan yang secara normatif harus disampaikan oleh Kepala Daerah paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran 2014 berakhir. Kewajiban tersebut, merupakan amanat terbaru dari Pasal 71 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 2 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Menjadi Undang-Undang.

Secara substantif, penyampaian LKPJ Kepala Daerah Kabupaten Malang Tahun 2014 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ini, sekaligus merupakan evaluasi capaian kinerja pembangunan tahunan yang telah dituangkan dalam peraturan Bupati Malang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2014, yang bertema “Peningkatan Infrastruktur Untuk Mendukung Pertanian, Industri, Perdagangan dan Pariwisata dalam Rangka Pemerataan Kesejahteraan Rakyat dan Peningkatan Daya Saing Daerah”.

Tema RKPD tersebut merupakan tahapan keempat dari perencanaan jangka menengah sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Malang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Malang Tahun 2010-2015, dan telah dilakukan review pada tahun 2013 atas pelaksanaan dan pencapaian Visi-Misi mulai tahun 2010-2015, yaitu, “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Malang yang Mandiri, Agamis, Demokratis, Produktif, Maju, Aman, Tertib dan Berdaya Saing, atau MADEP MANTEB”.

Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Malang, Wakil Bupati Malang, Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Malang, Jajaran SKPD Kabupaten Malang, Ketua PKK dan Ketua GOW Kabupaten Malang. (YP)
 
Top