GuidePedia

Malang, Global Post
Pelantikan pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kecamatan Karangploso, Kamis (28/3) beberapa waktu yang lalu bertempat di Pendopo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Acara detik –detik Pelantikan Rapi yang di saksikan langsung   Bupati Malang H. Rendra Kresna, Muspika Kecamatan Karangploso, Anggota Rapi Se- Malang Raya. Ikut mengikuti prosesi pelantikan Rapi.

Dalam sambutanya Ketua Rapi Kecamatan Karangploso Dodik menjelaskan, Seiring berjalannya waktu kita membentuk Tim Rescue untuk mewujudkan komunitas yang memiliki kepedulian terhadap sesama sebagai perwujudan dari keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan dengan misi bertindak cepat dalam membantu  kegiatan masyarakat dan penanganan bencana kemanusiaan, mengembangkan kemampuan dan potensi setiap individu anggota untuk melatih baik di bidang komunikasi dan Rescue dalam mengandalkan situasi darurat.

Ia juga menambahkan, kegiatan ini juga tidak terlepas dari dukungan Muspika Kecamatan Karangploso yang selalu membimbing kami dan menjadikan terbentuknya Rapi Karangploso. Rapi Lokal Karangploso juga bekerja dalam bidang komunikasi Telkom, bidang Kebencanaan, bidang Konservasi Alam, dan bidang Sosial Kemasyarakatan. Bidang Bencana dengan meningkatkan potensi yang ada dalam Pemerintah untuk menyalurkan bantuan birokrasi bencana alam maupun bencana sosial. Bidang Konservasi Alam kami melakukan Pembibitan dan Penanaman berbagai tanaman bernilai ekonomis untuk penghijauan. Daerah kami memang daerah tropis dan rawan bencana sedangkan bidang Sosial Kemasyarakatan berperan aktif membantu masyarakat dalam kegiatan bakti sosial dan Ambulance gratis siaga 24 jam. Dan Alhamdulillah kami juga mendapat bantuan dari TNI Karangploso dengan sebuah ambulance yang tadinya tidak bisa bergerak kami upayakan bisa berjalan dan sangat membantu masyarakat sampai  ke pelosok pedesaan.

Dodik juga menjelaskan, awal mula berdirinya Rescue Bankom 380 Berawal dari hobby penggunaan perangkat komunikasi 2 meter band diantara rekan-rekan didalam pembicaraan difrekuensi, maka timbulah ide untuk membentuk sebuah komunitas kemanusiaan yang berbasis pada komunikasi radio 2 meter band frekuensi VHF 143.800 MHz dan 11 meter band frekuensi HF 11,420 MHz dibawah naungan RAPI LOKAL KARANGPLOSO untuk memberikan pengetahuan dan saling bertukar ilmu dalam pemahaman fungsi berkomunikasi guna memberi manfaat kepada masyarakat secara umum.

Seiring berjalannya waktu, semula komunitas yang hanya bergerak dibidang bantuan komunikasi massa, menambah bidang kerjanya dengan membentuk TEAM RESCUE untuk kemanusiaan.
Visi dan Misi

Visi : Terwujudnya sebuah komunitas yang memiliki kepedulian kepada sesama, sebagai perwujudan dari keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Misi : Bertindak cepat dalam membantu kegiatan masyarakat dan penanganan bencana kemanusiaan. Mengembangkan kemampuan dan potensi setiap individu anggota untuk terlatih baik dibidang komunikasi dan rescue dalam menghadapi situasi yang darurat.
Azas Pemikiran

•          Bahwasannya manusia selain sebagai makhluk Tuhan, ia berfungsi sebagai makhluk Sosial dan merupakan alat dari keinginan Tuhan untuk menyampaikan kebaikan di muka bumi.
•          Bahwasannya sebaik-baik manusia dihadapan Tuhan adalah mereka yang paling banyak memberi manfaat kepada manusia yang lainnya.
•          Bahwasannya perbuatan baik akan lebih efektif jika dilakukan secara bersama-sama atau dalam sebuah Komunitas.
•          Pengadaan peralatan dan perlengkapan komunikasi dan rescue Penyempurnaan administrasi dan pembuatan standart operational procedure (SOP)

Bidang Kerja Meliputi ; Pertama, Bidang Komunikasi. Kedua, Bidang kebencanaan. Ketiga, Bidang Konservasi Alam dan Keempat, Bidang Sosial Kemasyarakatan.

Bidang Komunikasi

Melakukan aktivitas komunikasi dan pemantauan lewat frekuensi guna mendapatkan info yang akurat tentang kejadian-kejadian dimasyarakat serta membantu pengadaan perangkat komunikasi beserta personilnya dalam acara-acara yang bersifat khusus maupun bersifat umum.

Bidang Kebencanaan

Dengan meningkatkan potensi yang ada dalam komunitas untuk berkoordinasi, mengakomodir serta menyalurkan bantuan dilokasi bencana alam maupun bencana sosial.

Bidang Konservasi Alam

Melakukan pembibitan dan penanaman berbagai jenis tanaman keras, tanaman bernilai ekonomis, untuk penghijauan didaerah kritis dan rawan longsor, khususnya dikaki Gunung Arjuna yang merupakan wilayah kerja komunitas.


Bidang Sosial Kemasyarakatan

Berperan aktif membantu masyarakat dalam kegiatan Bhakti Sosial, Ambulance gratis yang siaga 24 jam non stop, dan bersinergi dengan instansi pemerintah terkait, yang berhubungan dengan Program Kemasyarakatan. (YP)
 
Top