GuidePedia

Baturaja, Global Post
Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten OKU menutup 3 titik mini market Alfamart yang berada di Jalan Dr. Soetomo Kelurahan Air gading dan Simpang PT Semen Baturaja Kelurahan Sukajadi serta Alfamart yang berada di Pasar Gotong Royog Desa Batu Raden Kecamatan Lubuk Raja. Ketiga Mini Market ini ditutup lantaran tidak bisa menunjukkan bukti-bukti yang sah terkait perizinan.

Kepala Satuan (Kasat) Pol PP, Agus Salim, S.Sos. MM mengatakan, penutupan tersebut sudah sesuai dengan prosedur, dimana ketiga mini market ini tidak bisa menunjukkan izin-izin yang diwajibkan bagi setiap usaha mini market seperti Izin Gangguan (HO), Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Perdagangan.
“Sebelum petugas kami mendatangi dan melakukan penutupan bagi ke tiga Alfamart ini, pihak kecamatan terlebih dahulu telah melayangkan surat peringatan agar ketiga mini market ini melengkapi surat izin mereka,” terang Agus Salim kepada wartawan.

Ditegaskan Agus Salim, ketiga Alfamart tersebut telah malakukan pelanggaran di antaranya, Perda Kabupaten OKU Nomor 12 Tahun 2000, Perda Nomor 10 Tahun 2009, Pesrada Nomor 7 Tahun 2012. Dimana dengan telah terbukti melakukan pelanggaran Perda di atas, Sat Pol PP OKU secara tegas melakukan penghentian dan penutupan kegiatan usaha mini market Alfamart.

“Setelah kami melakukan penutupan, pemilik dan penanggung jawab mini market tersebut akan kami panggil untuk dimintai keterangan, penutupan sementara ini kami lakukan sampai pemilik atau penanggung jawab melengkapi perizinan yang di wajibkan, dan bila semua telah di lengkapi sesuai dengan prosedur maka di bolehkan kembali untuk melakukan aktivitas seperti semula,” pungkasnya. (Cah)
 
Top