GuidePedia

Bengkulu, Global Post
Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, menemukan sebuah buku nikah diduga palsu saat salah seorang warga Kota Bengkulu, ingin meminta legalisir buku nikah.
Hal tersebut, dikatakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu, Suardi Abbas.

"KUA Teluk Segara menemukan satu buah buku nikah yang diduga palsu. Waktu itu salah seorang warga ingin melegalisir surat nikah, namun di buku nikah tersebut tidak ada nomor serinya. Makanya dari KUA tidak ada memberikan legalisir,'' kata Suardi, kepada okezone, Sabtu (11/4/2015).

Ia mengatakan, dari keterangan KUA Teluk Segara, buku nikah tersebut dibuat oleh orang Bogor, Jawa Barat dan bukan dari KUA Bogor. Selain itu, tambah dia, buku nikah tersebut merupakan milik mantan pejabat di Kabupaten Rejang Lebong. Namun, Ia menduga, buku nikah itu hanya dibuat-buat saja tanpa adanya keterangan dan legalitas dari KUA.

''Awal ditemukan ini salah seorang warga meminta dilegalisir buku nikahnya. Sebab, dia mau nikah lagi. Sebelum di legalisir KUA cek buku nikah tidak ada seri dan kriteria keabsahan buku nikah tidak ada makanya KUA tidak mau melegalisir," terang Suardi.

Meskipun demikian, tambah dia, buku nikah tersebut tidak ada diamankan oleh KUA. Namun, kata dia, legalisir buku nikah itu tidak akan diberikan oleh KUA. (oz/hs) 
 
Top