GuidePedia

Depok, Global Post
Berdasarkan hasil data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kini status Kota Depok telah masuk tahapan penilaian kedua (P2) Adipura dengan poin 71,28 dan menjadi Kota Metropolitan katagori baik se Jawa Barat setelah Kota Bandung disusul Kota Bekasi.

Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok, Wijayanto mengatakan kepada wartawan, kami akan terus berupaya mengejar piala Adipura dengan target poin minimal 73. Tentunya, hal tersebut perlu didukung oleh semua unsur Muspida, Muspika, Kelurahan, OPD, swasta, stakeholder dan seluruh masyarakat Kota Depok, ucapnya belum lama ini.

Penghargaan sebesar apapun, lanjut Wijay, itu dapat diraih, tentunya adanya kesadaran masyarakat perlu ditingkatkan. Apalagi Depok termasuk Kota Terbaik yang bersih setelah Kota Bandung dan disusul Kota Bekasi. Kota Depok merupakan kota yang memiliki tingkat kebersihan yang cukup baik, jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Wijay, Indikator pencemaran air mencapai 5 pesen, pencmaran udara 10 persen dan tingkat kesadaran pengelolaan sampah sudah mencapai 85 persen. Dari total tersebut Kota Depok telah masuk dalam katagori sebagai kota terbersih, ungkapnya.

Masih dikatakan Wijay, Piala Adipura merupakan lambang kebersihan, keindahan dan kenyamanan satu kota dan daerah, karena indikator sebuah kota mencapai Adipura maka harus memenuhi rasa nyaman, keindahan dan kebersihan. Perlu diketahui, imbuhnya, pada bulan Mei medatang BLH Kota Depok berencana menaikan poin kebersihan mencapai 73 persen. Sehingga BLH menyiapkan segalanya itu dengan terus melakukan 4 hal. Yaitu, sosialisasi dan edukasi, gerakan masyarakat, motiasi dan memberi contoh dan selanjutnya melakukan, sehingga masyarakat mulai menyadari terhadap tanggung jawab, paparnya.

Lebih jauh Wijay mengatakan, “kami optimis Kota Depok dapat meraih piala Adpura, untuk mengatasi sampah dan air, BLH memiliki 8 progam aksi Adipura, yakni, satu bulan sekali menggelar aksi besih disetiap Kelurahan, pembentukan Kader Peduli Lingkungan, penanaman pohon, penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) dan optimalisasi penilaian dan pengangkutan sampah, tuasnya.

“Secara pribadi masih yakin Kota Depok dapat bersaing dengan Kota Metropolitan lainnya, seperti Kota Bandung, Bekasi, Bogor dan Karawang untuk dapat meraih Adipura 2014-2015. Nilai dari P1, kami kemarin mencapai 71,30 persen. Ini sudah mencapai ke tahap P2. Kami menargetkan dapat menjadi minimal 73,2 persen sehingga masuk ke tahap akhir,” tandasnya.(Adv/jopi) 
 
Top