GuidePedia

OKI, Global Post
Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-XXIII tingkat Kabupaten yang dilaksanakan mulai dari tanggal 10 - 14 Maret 2015 lalu yang mengambil tema “Melalui STQ Ke-XXIII Tingkat Kabupaten, Kita Wujudkan Masyarakat OKI Gemar Membaca Al-Qur’an Dalam Kehidupan Sehari-hari” yang dibuka dan ditutup langsung oleh Bupati OKI, Iskandar, SE berlangsung sukses.

Acara yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati OKI tersebut dihadiri Bupati dan wakil Bupati OKI, Ketua Tim Penggerak PKK, FKPD OKI, Sekda OKI, para Asisssten, para staf ahli, Kepala Dinas/Kantor/Badan, Kepala Bagian serta pejabat di jajaran Pemkab. OKI, para Tokoh Agama/Masyarakat/Pemuda, para Camat, Lurah/Kades se-Kab. OKI, para peserta lomba /Dewan Juri STQ ke XXIII serta masyarakat OKI yang sempat hadir.

Bupati OKI, Iskandar dalam acara malam penutupan pengumuman pemenang  STQ ke XIII (13/3) menyampaikan, Kita mengadakan STQ tingkat Kabupaten ini diharapkan  masyarakat Kabupaten OKI selain gemar membaca Al-Qur’an, kiranya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena Al-Qur’an merupakan pegangan sebagai Hablu minallah dan sebagai Habluminannaas. ”Kiranya kita semua dapat berbuat baik dan beramal soleh dalam kehidupan ini, Kita adalah makhluk sosial, makhluk yang bermasyarakat, supaya kita dapat terus menjalin hubungan silaturahim dan pergunakanlah waktu yang sebaik-baiknya dalam kehidupan. Mari kita bersama-sama membiasakan diri untuk gemar membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya,” harapnya.

Saya ucapkan Selamat bagi para pemenang lomba STQ Ke-XXIII, bagi yang belum menang teruslah berjuang. Bagi para pemenang kiranya dapat menjaga kesehatan karena nantinya akan dikirim  Provinsi dalam lomba MTQ tingkat Provinsi. “Saya berharap, para kafilah-kafilah dapat membawa nama harum Kabupaten OKI, kalau tahun lalu kita mendapat peringkat empat besar, tahun ini diharapkan bisa meraih tiga besar. Sesuai janji Saya, kalau tidak ada aral rintangan, Insya Allah nantinya para pemenang akan kita umrohkan ketanah suci Mekkah,” ujarnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan (Kabag Kesra) OKI, Asnil Fikri mengatakan beberapa cabang yang dilombakan seperti, cabang tilawah untuk golongan anak–anak dan dewasa, Hifzil Qur’an serta tafsir bahasa Arab. Tujuan STQ ini untuk menjaring hafiz/hafizoh dan menggali potensi dan bakat serta mempererat hubungan silaturahmi. Dari sekian banyak peserta perwakilan dari masing-masing kecamatan dalam Kab. OKI, sebanyak 48 orang peserta yang telah dinyatakan pemenang dan sebagai juara umum STQ kali ini yakni dari Kecamatan Jejawi, juara kedua dari kecamatan Kayuagung  dan juara ketiga dari kecamatan Sungai Menang.

Bagi para pemenang lomba, selain diberikan tropi juga diberikan uang insentif ,untuk masing-masing juara pertama Rp. 2.700.000, juara kedua Rp.2.4000.000,- dan juara ketiga Rp. 2.000.000, “Saya yakin kafilah OKI akan lolos tiga besar tingkat provinsi,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati OKI melantik Pengurus Lembaga Penghafizd Al-Qur’an (LPQ) Se-Kab. OKI tahun 2015 serta meberikan tropi bagi para pemenang lomba STQ. (Adv/Kusyanto)

 
Top