GuidePedia

Kab. Lebak, Global Post
Pendidikanlah factor yang paling utama untuk membentuk mainset masyarakat kedepan agar menjadi masyarakat yang berkpribadian unggul dan hebat. Istilahnya tidak gelap gulita, dimana pendidikan adalah suatu cahya penerang untuk membawa suatu bangsa yang senantiasa mengajarkan dan menyampaikan kepada halayak banyak tentang arti dari sebuah pengetahuan  (glow senickper,sastrawan jerman,1824).

Demikian diungkapkan Muksin, Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Cidadap  kepada Global Post dalam memaknai hakekat hidup betapa pentingnya pendidikan, sehingga kita dituntut sejak kecil sampai akhir hayat untuk terus belajar.

SDN1 Cidadap terletak di Desa Cidadap, kecamatan Curug Bitung dibawah pinpinan atau Kepala Sekolah, Muksin lebih jauh bertutur, dari dulu sampai sekarang saya selalu semangat dalam mencetak putra-putri bangsa ini, dari mulai mengajar sampai memimpin beberapa sekolahan yang ada di kab. Lebak, salah satu nya SDN1 Cidadap ini yang saat ini saya pimpin, senantiasa akan selalu mengutamakan semboyan kebersamaan dan mengantor dengan tepat waktu, meski titik jarak berada di pesisir ibu kota, membawa kami untuk tidak terlena dengan berleha-leha, ungkapnya.

“Yang namanya berleha-leha itu bukan tabiyat kami. Kami senantiasa dituntut untuk bekerja dan terus bekerja dengan cepat, seiring berjalannya waktu, karena kita laksana Loyang atau takaran. Hitam atau putih, bagus atau jelek, kita adalah penciptanya dalam hukum manusia, displin dan menanamkan budi pekerti selalu ditanamkan, msekipun bebrapa guru yang masih honorer masih banyak, tetapi saya menyampaikannya agar sabar dan tetap sabar,” ujarnya menambahkan.

Dikatakan Muksin, Factor insfratruktur jalan yang masih belum memadai kendalanya, sebab manakala musim hujan tiba jalan sangatlah licin, sedangkan jija musim kemarau tiba polusi udara hitam pekat.

“Debu dan jalan berlobang, factor jarak bagi tenaga pengajar yang jauh dan ada yang dekat juga, tetap saya giring dengan kesabaran semoga esok ataupun lusa nuansa yang sering kita nikmati seperti ini, akan segera cepat berlalu, dan inilah perjuangan yang mesti kita harus tempuh dalam pengabdian untuk mencetak SDM yang berkualitas, jangan sampai surut ,tetap fokus, karena pemda dan dinas pendidikan kabupaten Lebak pun tidak akan tinggal diam pada semua pahlawan tanpa tanda jasa baik dipesisir pelosok atau pun yang berada dikota sana. Kami berharap perpustakan kapan pun waktunya segera terealisasi, mengingat sangat dibutuhkan oleh sekolah-sekolah yang berada disekitar pesisiran,” ujarnya berharap.

Ditambahkan Muksin sambil kita menunggu dan berharap, kita pun kembali fokus dan berkosentrasi dalam mengajar, apabila ada tournamen persatu tahun sekali, kami selalu memberangkatkan peserta didik unggulan kami, dan syukur Alhamdulillah selalu mendapatkan prestasi yang sangatlah memuaskan.

“Juara satu atau dua dibidang apapun itu selalu kami raih, meski dipesisiran dan jarak sangat lah jauh dari ibu kota, serta insftruktur jalan, perpustakan yang kurang mendukung, tentu bukanlah halangan untuk mencetak prestasi dan menciptakan peserta didik yang berkualitas. Karena pada dasarnya untuk mewujudkan SDM yang baik harus tetap optimis dan percaya diri, dalam pengabdian sesuai dengan amanah yang pemda telah percayakan kepada para abdi pendidikan. Oleh karena itu jarak dan kekurangan bukanlah halangan untuk mendorong dalam mewujudkan subtansi lebak cerdas. Kami selalu optimis dalam bekerja,” pungkasnya. (Al/Mup)
 
Top