GuidePedia

Bogor, Global Post
Berbagai cara dilakukan oleh pihak Dispenda Kabupaten Bogor guna mengoptimalkan PAD Kab Bogor, seperti diketahui seblumnya pihak Dispenda telah mencanangkan pemungutan 10 sepuluh jenis pajak daerah yang dikelola oleh Dispenda Kab. Bogor, 7 (tujuh) diantaranya merupakan pajak yang jenis pemungutannya dibayar sendiri oleh wajib pajak (self assessment) yaitu, pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak parkir, pajak penerangan jalan, pajak mineral bukan logam dan batuan, dan Bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).
Ketujuh jenis pajak tersebut kata Dedi Bachtiar, pemungutan pajaknya adalah wewenang diberikan kepada wajib pajak, termasuk untuk menghitung sendiri besaran pajak dan membayar sendiri pajak terhutang yang seharusnya dibayar, jadi jenis pajak ini bersifat aktif dengan melaporkan dan membayar sendiri pajak terhutang.
Pembayaran pajak jenis self assessment dilakukan dengan menggunakan: Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD), Surat Ketetapan Pajak Daerah Kurang Bayar (SKPDKB) dan atau Surat Ketetapan Pajak Daerah Kurang Bayar Tambahan (SKPDKBT), ujar Dedi. Sebelumnya Dispenda juga memberikan pelayanan dengan menyiapkan puluhan loket untuk memberikan kemudahan terhadap WP kali ini muncul kemudahan lagi terhadap Wajip Pajak (WP). Dispenda Kab. Bogor menyediakan sarana penunjang dalam pengelolaan administrasi pajak daerah. Dengan adanya sistem ini WP diharapkan lebih mudah dalam melakukan kewajibannya sehingga berdampak pada optimalisasi penerimaan pajak daerah kabupaten Bogor.
Hal tersebut disampaikan Kadispenda kab. Bogor Dedy Bakhtiar kepada Wartawan belum lama ini pihaknya mengklem e-SPTPD adalah suatu aplikasi yang di bangun berbasis web yang diperuntukkan untuk membantu para wajib pajak dalam mendaftarkan dan melaporkan kewajiban pajak daerahnya secara online dan dapat dilakukan dimana saja, yang terkoneksi secara real time dengan Sistem Informasi Pajak Asli Daerah (SIMPAD) yang selama ini sudah berjalan.
Masyarakat bisa membuka langsung aplikasi internet browser, atau google chrome atau yang lainnya hingga tampil layar yang berloga e-SPTPD Kabupaten Bogor dan selanjutnya dapat di lakukan pengisian data SPTPD-nama WP dan selanjutnya akan tampil menu pendataan. Namun sebelumnya WP akan terlebih dahulu akan di beri password untuk dapat membuaka file tersebut.
Selanjutnya WP bisa mengikuti perintah tampilan yang ada di layar komputer baik itu mengisi data ataupun untuk selanjutnya ketika akan melakukan pencetakan SSPD, data-data tersebut semuanya akan dihasilkan secara otomatis mulai peroses awal hingga peroses pembayaran di bank dan validasi oleh Dispenda. (Soprianto/DR)
 
Top