GuidePedia

Garut, Global Post
Bupati Garut Rudy Gunawan menegaskan pihaknya akan menjadikan hasil evaluasi sinergitas Kecamatan modal bagi Camat apakah yang bersangkutan layak dipromosikan atau tidak. Saya bersama wakil Bupati dan Sekretaris Daerah, akan memberikan jaminan prestasi yang ditorehkan menjadi bagian dari proses kelanjutan karir.

Demikian disampaikan Rudy Gunawan saat pelaksanaan expose hasil evaluasi sinergitas kecamatan di Ruang Rapat Sekretariat Daerah, Kamis (12/2/15). Menurutnya, prestasi yang diraih Kecamatan bisa merupakan cerminan prestasi secara keseluruhan pihak-pihak yang ada di lingkungan Kecamatan. Prestasi Kecamatan merupakan akumulasi dari prestasi berbagai stake holder yang ada di Kecamatan.

Kecamatan berprestasi mungkin bisa disebabkan karena prestasi yang diraih desa-desa yang ada di kecamatan tersebut. Begitu seterusnya, prestasi yang diraih desa merupakan akumulasi prestasi yang diraih seluruh warganya. Atau mungkin merupakan raihan prestasi, puskesmas, sekolah, dan uptd-uptd yang ada di Kecamatan, tegas Bupati Rudy.

Oleh karenanya saya memandang, tuturnya, evaluasi yang dilakukan harus menjadi bagian penilaian terhadap kinerja secara keseluruhan. Bisa jadi prestasi didapat karena memang Camat selaku pemangku jabatan tertinggi di kecamatan mampu melakukan upaya upaya perbaikan secara koordinatif. Atau mungkin saja prestasi yang diraih bukan karena faktor kepemimpinan Camat melainkan pihak yang lainnya.

Jabatan Camat itu sangat mulia, tugas Camat sangat penting bahkan jauh lebih berat dari kepala dinas. Berbagai persoalan banyak timbul di kecamatan, apabila Camat tidak mampu melakukan langkah koordinatif sebagaimana fungsinya maka pemecahan segala persoalan yang terjadi hanya akan menjadi sebuah keinginan semata.

Hal senada disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Garut H Iman Alirahman pada kesempatan tersebut, evaluasi harus dilakukan secara komprehensif. Penilaian jangan hanya sebatas pada aspek yang dapat dilihat semata, seperti pada sarana fisik dan administratif melainkan harus dengan out putnya. Camat yang berhasil itu harus dilihat pula dari keberhasilan di tingkat desa, artinya kebersamaan dan kegotongroyongan harus menjadi bagian utama evaluasi.

Berdasarkan hasil evaluasi kinerja aparatur kecamatan, disampaikan Asisten Pemerintahan Sekeratriat Daerah Garut Didit Fajar Putradi, Kecamatan Tarogong Kidul menempati urutan pertama dari 15 kecamatan Tipe A. Disusul masing-masing kecamatan Cibatu dan Kecamatan Cikajang di urutan kedua dan Ketiga.

Sementara Kecamatan Bayongbong walaupun meraih nilai tertinggi melebihi nilai yang diraih Tarogong Kidul masuk kepada kategori Kecamatan yang dinilai sebagai kecamatan yang mampu mempertahankan kinerja. Sebelumnya Bayongbong menjadi wakil Kabupaten pada lomba kinerja Kecamatan tingkat Propinsi Jawa Barat.
Untuk kecamatan tipe B, Sukaresmi dengan nilai 71,12, berhak menjadi kecamatan terbaik dan berada pada peringkat kesatu, disusul oleh Kecamatan Cibalong dan kecamatan Pangatikan di posisi kedua dan ketiga. Sementara kecamatan Cisewu menempati posisi juru kunci dari 18 kecamatan tipe B.

Untuk Kecamatan Cibiuk berhasil menjadi yang terbaik untuk kategori Kecamatan Tipe C, disusul Kecamatan Pamulihan Kecamatan Cihurip, Peundeuy dan Karangtengah.

Dijelaskan Didit, evaluasi tidak diberlakukan kepada seluruh kecamatan karena berbagai pertimbangan. Tujuh Kecamatan, di antaranya Garut Kota, Samarang, Pasirwangi, Cigedug, Kadungora, Caringin dan Mekarmukti akan dievaluasi menyusul sampai dengan batas waktu akhir tahun dengan mempertimbangkan faktor yang dinilai diantaranya kepemimpinan camat. Ketujuh Camat baru menjabat dengan masa jabatan ditempat kurang dari enam bulan.

Penentuan peringkat Kecamatan terbaik dilakukan berdasarkan Peraturan Gubernur NO 27/2014. Respon seluruh muspika, Kepala UPTD, Kades, Ketua MUI dan tokoh masyarakat, menjadi bahan pertimbangan penilaian selain, penguasaan aspek kewilayahan, koordinasi, penataan dan kelengkapan administrasi serta sarana prasarana kecamatan.

Menurut rencana, pungkas Didit, Kecamatan yang meraih prestasi akan mendapatkan penghargaan Bupati Garut yang akan diberikan pada upacara peringatan Hari Jadi Garut ke 202,Senin (16/2/15) mendatang di Lapang Oto Iskandardinata Alun-Alun Garut. (Syaiful Noor)
 
Top