GuidePedia

Garut, Global Post
Bahwa dalam rangka mengembangkan bakat dan minat anak didiknya maka pada awal tahun 2015 ini Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 11 Garut yang berkampus di Kecamatan Cisewu kini memiliki salah satu sarana atau media informasi, komunikasi dan hiburan dengan mengudaranya Radio Komunitas Pendidikan eSKa FM.

Kelahiran Radio Komunitas Pendidikan eSKa FM di SMKN 11 Garut ini dibidani dari sebuah gagasan yang dipadukan dengan salah satu jurusan yang dimiliki oleh SMKN 11 Garut, sehingga hasil dari jurusan yang ada tersebut dapat dikembangkan melalui media siaran radio pendidikan dengan punya label eSKa FM.
“Awalnya dari ide-ide cemerlang para siswa yang ingin menyalurkan bakat-bakatnya dibidang jurnalistik dan penyiaran, sehingga kami apresiasi keinginan mereka dengan difasilitasinya sarana bagi mereka berupa studio siaran radio komunitas eSKa FM,” tutur Iwan Ruswandi, S.Pd M.Pd mewakili Kepala SMKN 11 Garut di ruang kerjanya.

Pasca bangunnya studio radio komunitas pendidikan ini maka pihak SMKN 11 Garut pun tidak tinggal diam, sebab setelah adanya sarana yang memadai maka diperlukan SDM para pengelola dan penyiar yang profesional sehingga tepat hari Sabtu (7/1/15) lalu dimotori oleh Randi Hayatul Husna, S.Pd menggelar diklat penyiaran, jurnalistik serta manajemen radio komunitas yang bertempat di kampus SMKN 11 Garut dan berlangsung selama dua hari dengan menghadirkan narasumber yang profesional dibidang penyiaran dan jurnalistik.

“Dengan kegiatan ini kami ingin menciptakan para pengelola radio yang handal yang memang berasal dari para siswa itu sendiri, sehingga hasilnya dapat dikonsumsi baik bagi keluarga besar SMKN 11 Garut maupun oleh masyarakat luas,” ungkap Randi selaku panitia pada saat pembukaan Diklat Penyiaran Radio Komunitas eSKa FM.

Ditempat terpisah, Asmi salah seorang peserta diklat yang sekaligus siswi di SMKN 11 Garut ini menjelaskan “Walaupun saya tinggal beberapa bulan lagi berada di sekolah ini, karena tahun ini Insya Allah saya bagian dari calon lulusan siswa disini, namun sarana ini akan benar-benar saya manfaatkan sehingga saya memiliki keahlian baik dalam bidang penyiaran maupun jurnalistik, ya setidaknya saya bisa menjadi penyiar yang profesional,” cetusnya kepada wartawan. (Syaiful Noor)
 
Top