GuidePedia


Tanjung Selor, Global Post -
Moment bersejarah untuk Kabupaten Tana Tidung Penjabat Bupati KTT dilantik dengan bulan yang sama dan waktu yang sama selama kurun waktu 5 tahun Bupati Drs. H. Undunsyah berakhir masa jabatanya pada tanggal 18 Januari 2015. Pj Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie resmi melantik ir. H. Akhmad Bey Yasin. MAP yang merupakan salah satu Pejabat Provinsi Kalimantan Utara sebagai Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Ketahanan Pangan Provinsi Kaltara sebagai Pj Bupati Kabupaten Tana Tidung di ruang serba guna Provinsi Kaltara.

Hal itu dilakukan menggantikan masa jabatan H. Undunsyah sebagai Bupati KTT telah habis, “Karena dalam penempatan seseorang dalam jabatan itu haruslah sudah memenuhi persyaratan dan aturan, kecuali daerah otonomi baru itu merupakan masyarakat  baru jadi secara otomatis masih sangat dinamis,” ujar Irianto.
Terkait pelantikan yang dilakukan, kata dia, sudah tepat dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku, yaitu tepat pada jam 10.00 Wita, sama seperti pelantikan bupati dan wakil bupati KTT pada 18 Januari tepat pukul 10.00 Wita pada lima tahun yang lalu.

“Jadi, karena kemarin (pekan lalu - red) hari Minggu yang diketahui merupakan hari libur, sesuai Pepres (Peraturan Presiden) Nomor 167 Tahun 2014 mengatakan pelantikan pejabat tidak diperbolehkan pada hari libur, harus dilakukan pada hari kerja,” jelas Irianto.

Untuk tugas dan kewenangan dari Pj tersebut, kata Irianto, tidak ada bedanya dengan  Gubernur, Walikota maupun Bupati definitif, yaitu memiliki kewenangan 100 persen dalam melakukan tugasnya.
“Itu dibuktikan pada hari ini, saya selaku Penjabat Gubernur diberi kewenangan melantik Walikota Tarakan, maupun penjabat Bupati Tana Tidung yang dilakukan pada hari Senin,” ungkap Irianto.
“Artinya, dalam melaksanakan tugas nya seorang Pj jangan ada keraguan apa lagi itu dikatakan oleh seorang pejabat atau pakar. Karena mungkin itu keliru atau tidak pasa dalam Undang-Undang (UU),” sambung Irianto Lambrie. (Bn)
 
Top