GuidePedia

OKI, Global Post 
Upaya untuk meningkatkan keamanan lingkungan dengan mengintensifkan pos keamanan lingkungan (Poskamling) merupakan tanggung jawab bersama. Ini merupakan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan memelihara ketertiban dari dan untuk masyarakat. Demikian disampaikan Irjen Pol  Prof. Iza Fadri  Kepala Kepolisian Daerah (Kapoda) Sumatera – selatan  saat me – launching Aksi 1000 Kentongan yang di pusatkan di Desa Gedung Rejo Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan beberapa waktu lalu.

“Ini bertujuan untuk menjaga 327 desa yang tersebar di Kabupaten OKI dari gangguan kejahatan. Saya harapkan dengan me – launching   Aksi 1000 ketongan ini sebagai   tanda dimulainya kegiatan masyarakat untuk meningkatkan ronda malam dan menambah pos–pos kamling  agar tidak ada kesempatan bagi pelaku tindak kriminal,” harap Kapolda.

Bupati OKI Iskandar, SE sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh masyarakat Mesuji Raya khususnya Desa gedung Rejo bersama Polres OKI dalam upaya meningkat  keamanan di setiap desa. Pasukan Kepolisian sangat terbatas jika harus menjaga wilayah OKI yang sangat luas ini. Oleh  karena itu saya menyambut baik program ini dan saya mengajak kepada seluruh masyarakat mari bersama–sama menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan kita, peran serta masyarakat melalui poskamling sangat perlu untuk menjaga keamanan di wilayahnya masing-masing, ujar Iskandar.  

Makna pada kentongan selaku sarana komunikasi tradisional yang harus di pertahankan. “Kentongan sudah menjadi alat komunikasi warisan leluhur kita. Kentongan menjdadi sangat penting untuk penyebaran informasi baik itu bencana alam, kejahatan juga menjadi alat untuk memanggil berkumpul dalam mengajak masyarakat bergotong royong  dan musyawarah  desa,” ujarnya Kepada wartawan.

Kapolres OKI AKBP Erwin Rahmat SIK menyampaikan Aksi seperti  ini  juga akan di laksanakan di desa – desa lain  di Kabupaten OKI. “Saya berharap selain Desa Gedung Rejo juga desa lain melakukan hal yang sama untuk menjaga keamanan di lingkungan masing–masing,“ harapnya. (Kusyanto/ADV)
 
Top