GuidePedia

Depok,Global Post
Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Depok 2015 menggelar acara Pemantapan Depok sebagai Cyber City dan Persiapan Menuju Smart City di Bakai Pertemuan Badan Perencanaan Pemangunan Daerah (Bappeda), kamis (5/2) lalu.

Acara tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kota (Sekda) Depok, para OPD, Lurah,  seluruh LPM di Kota Depok. Sebagai Keynote speaker, pembicara dan nara sumber yakni Prof.DR Suhono dari Institut Technolgi Bandung (ITB).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Depok Muhammad Fitriawan, ST,MT dalam sambutannya menghimbau masyarakat Kota Depok, terutama rekan-rekan wartawan agar ikut berperan aktif mengamankan Kota Depok, karena baik  buruknya segala sesuatu tidak terlepas dari pada peran  pers, baik media cetak maupun elektronik, ucapnya.

Dikatakan Fitriawan, informasi jangan sampai menimbulkan rasa was-was terhadap masyarakat, terutama yang sifatnya dapat merusak mental anak usia dini maupun generasi muda juga orang tua yang pada akhirnya mengganggu ketenangan masyarakat luas. Informasi yang positif dapat menimbulkan stabilitas dan ketenangan kepada warga masyarakat, jelasnya.

Lebih jauh dikatakan Fitriawan, dengan adanya kecanggihan tehnologi saat ini, orang tua sangat kesulitan mengawasi anak-anak remaja, karena jamam sekarang ini mulai dari anak kecil sampai dewasa mayoritas memiliki Hand Phone (HP) dan apa yang dilakukan dengan HP nya sulit diantisipasi para orang tua maupun guru. Oleh karena itu para pelaku usaha internet dihimbau agar jangan menyajikan progam-progam yang sifatnya dapat merusak moral dan mental anak-anak, tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Depok, Ety Suryahati, SE, M.Si mengatakan forum OPD ini merupakan penyempurnaan Musrenbang dari tingkat Kelurahan dan Kecamatan. Dalam hal ini tentunya Pemkot Depok harus profesional menyikapi semua pengajuan masyarakat mulai dari RW, Kelurahan dan Kecanatan agar jangan sampai urgen terabaikan dan harapannya, progam yang sudah diprogamkan  tahun 2014 namun tidak terselesaikan supaya dilaksanakan tahun 2015 ini agar jangan ada masyarakat yang merasa dirugikan. Pemkot Depok tidak ingin terulang kembali permasalahan tahun 2014, terjadi kembali di tahun 2015 ini, tegasnya.

Dikatakan Ety, OPD sekarang ini merupakan penyusunan perencanaan pembangunan tahun 2016, mendorong Visi dan Misi Kota Depok tentunya dituntut aparatur yang tertib dan profesional dalam tugas masing-masing. Karena hal ini merupakan cermin dari pada kepribadian hidup kita, itu tidak dapat dipungkiri, paparnya.

Menurut Ety, masyarakat Kota Depok masih banyak yang tidak patuh terhadap Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok, hal ini berdasarkan fakta dilapangan masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan sehingga mengganggu ketertiban umum dan menimbulkan bau busuk dan dapat mengakibatkan banjir. Sekda berharap agar masyarakat dapat berpartisipasi menjaga kebersihan dilingkungan masing-masing, tegasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Suhono mengatakan Pemkot Depok jangan terlampau membuat suatu progam yang terlalu berlebihan yang pada akirnya hanya sebatas pencitraan dan tidak ada manfaatnya. Ciber City yang mempunyai arti Kota Technologi, pernah tidak apakah Pemkot Depok melakukan pendataan terhadap masyarakat yang sudah memahami  Ilmu Technologi (IT) dan sudah berapa persen yang sudah mampu. Kalau sudah mampu tentunya memahami dan mengerti ketika ada permasalahan akan cepat melakukan tindakan baik dalam pemerintahan maupun dalam masyarakat, pungkasnya.(Jopi)
 
Top