GuidePedia

PLT Bupati dan rombongan serta Muspika Barus sedang  mengikuti acara perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW .

Tapteng, Global Post
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW se Kecamatan Barus tahun 1436 H atau tahun 2015 M yang diadakan dilapangan Lingkungan III Papan Ikan Kelurahan Pasar Batu Gerigis Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Selasa (28/1).

Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut dihadiri antara lain PLT Bupati H. Sukran Jamilan Tanjung, SE beserta rombongan, Hikbar, Janwar Tanjung, sejumlah Camat, anggota DPRD Tapteng, Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Muslimin dan Muslimat, Ormas Islam, Muspika Barus dan masyarakat Barus.

Panitia juga menghadirkan AL Ustad Drs. Kamidin Seliang dari Medan untuk menyampaikan ceramah diacara tersebut, sementara pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh Qori H. Jawali Tabi,in Pasaribu.

Syahrial Sihotang, SH selaku Ketua Panitia peringatan Maulid Nabi Muhammad SWA se Kecamatan Barus saat di konfermasi wartawan di lokasi kegiatan menjelaskan, bahwa  terwujudnya  acara peringatan ini atas dukungan masyarakat Barus dan Muspika Barus, katanya.

Ditambahkan dia, dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang kita laksanakan malam ini agar kita  masyarakat Barus sekitarnya  mengambil momentum ini untuk meneladani pikiran, ucapan, dan tindakan Rasulullah. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW harus lebih kita maknai sebagai upaya untuk meningkatkan peran umat Islam menuju Islam yang rahmatan lil alamin, atau Islam yang memberi rahmat bagi semesta alam. Untuk itulah kita perlu membangun tatanan peradaban Islam yang peduli. Tatanan peradaban Islam yang menebarkan perdamaian. Tatanan peradaban Islam yang menebarkan keadilan dan toleransi,” diterangkannya.

Sementara Tokoh Masyarakat Barus Rusman Efendi Siambaton dalam sambutannya menyampaikan peringatan Maulid Nabi yang diadakan di Barus sudah meriah dan sukses karena undangan yang hadir mulai dari Sorkam sampai Manduamas.

Dalam dihimbauannya kepada para undangan agar menyimak ceramah AL Ustad yang didatangkan dari Medan, jangan masuk dari telinga kanan keluar dari telinga kiri. “Mari kita dengarkan dan menyimak ceramah AL Ustad apa makna dan manfaatnya dan mohon ceramah masuk dari telinga kanan jangan keluar dari telinga kiri,” pintanya.

Masih lanjut Rusman Efendi, memohon pada PLT Bupati agar segera memperbaiki jalan keliling kota Barus yang mengalami kerusakan.

Sementara ketua BKM Barus Ustad Shodikin Lubis dalam sambutannya melaporkan pada seluruh undangan, bahwa Mesjid Raya Barus saat ini mengalami kerusakan dan perlu diperbaiki, seperti atap Mesjid bocor dan kamar mandinya telah kupak kapik juga penimbunan lahan.

PLT Bupati H. Sukran Jamilin Tanjung, SE dalam sambutannya menyampaikan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan tingkat Kecamatan tetapi levelnya sudah setingkat  Kabupaten. Dan pemerintah berusaha keras menghadiri acara acara peringatan Maulid Nabi Muhammad disetiap dan puncaknya nanti  peringatan maulid Nabi dilakukan dua hari berturut turut di ibukota di Pandan dan mengundang AL  Ustad Maulana dari Jakarta.

Sukran menyampaikan rasa terimah kasih kepada seluruh panitia yang telah berupaya keras untuk mengadakan acara peringatan Maulid Nabi SAW dengan baik. Pemkab juga mengajak warga Barus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadikan momentum sebagai media untuk mengetahui seluk beluk kehidupan Rasulullah SAW  dan memahami ajaran beliau dan berusaha mengamalkannya didalam kehidupan kita sehari hari, “mari kita jadikan rasullullah sebagai suri tauladan sebagaimana di Firman Allah dalam Al-qur’an,” ungkapnya. (SHS)
 
Top