GuidePedia

Lebak, Global Post - Dalam rangka mendorong peningkatan produksi, menumbuhkan wirausaha dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan di perdesaan, Kementrian Perikanan dan Kelautan  memberikan bantuan  Program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan-Perikana Budidaya (PUMP-PB) Perikanan 2014 kepada 13 Kelompok Budidaya di Kabupaten Lebak.

Kabid Perikanan  Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lebak Dadang mengatakan kegiatan PUMP-PB diharapkan akan memberikan kontribusi nyata terhadap pencapaian target produksi perikanan budidaya serta peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat pembudidaya ikan.  “Program PUMP diharapkan dapat membantu  pengembangan perikanan bagi kelompok budidaya dari usaha pembesaran menjadi pembibitan,” kata Dadang Kepada Global Post. 

Lebih lanjut ia mengatakan Kabupaten Lebak memilik sumber perikanan yang sangat potensial untuk dikembangkan yang dapat menopang peningkatan pembangunan dan perekonomian masyarakat peredesaan.

Sementara itu  Ketua Kelompok Budidaya Ikan Mas Mina Mulya Bakti (MMB) Desa Cipadang Kecamatan Cileles  Pulung Sasmita mengatakan  kelompoknya telah mendapatkan bantuan dari Kementrian Perikanan dan Kelautan sebesar 35 Juta melalui rekening kelompok untuk budidaya ikan mas. Dana Bantuan tersebut digunakan untuk pembelian  2000 benih ikan mas serta pakan secara bertahap untuk di budidaya  ikan di empang masing-masing anggota untuk dikembangkan agar dapat meningkatkan penghasilan para anggota yang tergabung dalan Kelompok MMB.

Pulung menyatakan berterima kasih kepada Pemerintah yang telah memberikan bantuan tersebut. Ia berharapkan  program ini  akan berkelanjutan  sehingga  budidaya ikan ini nantinya menjadi  bentuk usaha yang dapat diandalkan oleh anggota MMB. 

Hal senada dikatakan Arja, salah satu anggota MMB menyambut baik Program dari DKP, dirinya selaku anggota akan memanfaatkan sebaik-baiknya program dari Pemerintah. "Alhamdulillah saat ini ikannya dipelihara dengan baik di empang milik saya pribadi mudah-mudahan dapat Bermanfaat dan menjadi usaha andalan nantinya," kata Arja. (Solihin)


 
Top