GuidePedia

Tapteng, Global Post
Dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2014 di Peringati di Kecamatan Barus. HMPI dan BMN bulan Desember yang ditetapkan dengan  Keputusan Presiden RI No. 24 tahun 2008, kegiatan tersebut dilaksanakan pada, Jumat (5/12/2014) di Komplek Rumah sakit Umum Desa Kedai Gedang Barus Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumut.

Kadis Kehutanan Tapanuli Tengah Ir. Darmi siahaan, MM bersama dengan  para SKPD Tapanuli Tengah  dan Muspika Pada peringatan HMPI dan BMN tahun ini, menanam pohon berbagai jenis seperti Mahoni, Aru, Pohon Durian, dan pohon Mangga.

Kadis Kehutanan Tapanuli Tengah Ir. Darmi siahaan, MM dalam sambutannya mengatakan, Keberhasilan gerakan penanaman 18.000 pohon per tahun tidak hanya dilakukan oleh sektor kehutanan saja tetapi didukung oleh sector-sektor lain, juga oleh seluruh lapisan masyarakat. “Dalam pencapaian suksesnya penanaman pohon di daerah Tapanuli Tengah tak lepas dari peran serta berbagai pihak, sehingga kita dapat mewariskan hutan yang lebih baik dan terawat kepada generasi yang akan datang,” katanya.

 Anton Sujarwo, Camat Barus disela-sela acara kepada Global Post mengatakan, bahwa tujuan acara ini mengajak semua pihak untuk peduli lingkungan. "Tujuan kegiatan ini mengajak semua warga untuk peduli terhadap lingkungan dengan menanam pohon.

Jangan menunggu waktu untuk menanam pohon. Kalau lahan sudah ada, langsung saja tanam pohon, tidak hanya bersemangat menanamnya, melainkan juga harus rajin merawatnya. Membesarkan pohon itu susah. Kalau menebangnya gampang," katanya.

Ditambahkannya lagi, ia juga meminta setiap orang di Barus harus menanam 60 pohon seumur hidupnya dengan asumsi setiap orang berutang oksigen pada 60 pohon. Kita hidup di dunia ini berutang pada pohon yang ada karena kita telah diberikan oksigen. Karena itu, mari mulai sekarang menanam pohon agar kita bisa membayar utang kita terhadap alam semesta," ujarnya.

Dalam kegiatan itu, Camat Barus juga berpesan kepada siswa-siswi SMA yang Hadir dalam acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2014  agar rajin belajar dan bekerja keras dalam menggapai cita-cita. (Shs)
 
Top